Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Merger dan Akuisisi Pada Bank BCA dan BSI Terhadap Kinerja Perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v7i1.35750Keywords:
Merger, Akuisisi, Strategi, Kinerja PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi merger dan akuisisi pada Bank Central Asia (BCA) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif yaitu data dalam bentuk numerik (angka), serta metode pengambilan data serta analisis yang dipergunakan yaitu metode Analisis Data Sekunder (ADS) yaitu berupa menggunakan serta menganalisis data yang sudah ada tanpa harus melakukan survei dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini ialah penerapan strategi merger lebih banyak memberikan perubahan yang signifikan pada perusahaan Bank Syariah Indonesia (BSI) dibandingkan akuisisi yang dilakukan Bank Central Asia (BCA).
References
Adenan, M., Safitri, G. H., & Yuliati, L. (2021). Market Share Bank Syariah Terhadap Institusi Keuangan Syariah di Indonesia ( The Market Share of Islamic Banks to Islamic Financial Institution in Indonesia ). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.21144
Ali, K. (2020). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger dan Akuisisi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 14(2), 200–209. https://doi.org/10.24127/jm.v14i2.506
Amatilah, F. F., Syarief, M. E., & Laksana, B. (2021). Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Non-Bank yang Tercatat di BEI Periode 2015. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 375–385. https://doi.org/10.35313/ijem.v1i2.2505
Andayani, M., & Ardini, L. (2016). Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2047
Ariani, S. (2019). Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018 [Institut Agama Islam Negeri Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/1214/
Avery, R. K. (2006). Quantitative Methods in Broadcast History. In Methods of Historical Analysis in Electronic Media (pp. 167–183).
BCA. (n.d.-a). BCA - Brand Assets. Bank Central Asia (BCA). Retrieved March 20, 2023, from https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/Brand-Assets
BCA. (n.d.-b). Laporan Keuangan Bank Central Asia (BCA). Bank Central Asia (BCA). Retrieved March 21, 2023, from https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/Hubungan-Investor/laporan-presentasi/Laporan-Keuangan
BCA. (2017). Hadirkan Produk dan Layanan Sesuai dengan Kebutuhan Nasabah, BCA Raih Indonesia WOW Brand. BCA. https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/siaran-pers/2021/12/20/04/08/hadirkan-produk-dan-layanan-sesuai-dengan-kebutuhan-nasabah-bca-raih-indonesia-wow-brand#:~:text=BCA memperoleh predikat WOW Brand,%2C Tahapan BCA%2C dan Flazz.
BSI. (n.d.-a). Laporan Keuangan Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia (BSI). Retrieved March 21, 2023, from https://ir.bankbsi.co.id/financial_reports.html
BSI. (n.d.-b). Logo Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia (BSI). Retrieved March 20, 2023, from https://ir.bankbsi.co.id/home.html
BSI. (2021). Sejarah Perseroan. Bank Syariah Indonesia (BSI). https://ir.bankbsi.co.id/corporate_history.html
Departemen Research and Development CIES FEB UB. (2020). BUMN Memutuskan Merger Bank Syariah, Efektifkah? CIES FEB UB. http://cies.feb.ub.ac.id/bumn-memutuskan-merger-bank-syariah-efektifkah-template/
Desa, R. P., & Wahid, U. (2020). Strategi Marketing Communication PT.BCA Finance Dalam Mempertahankan Brand Ditengah Pandemi COVID-19. COMMUNICATION, 11(2), 134–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i2.1170
Deviana, R. (2018). Pengaruh Likuiditas Dan Kualitas Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Dan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017 [Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96109
Fadillah, Y., Damirah, D., & Syarifuddin, A. D. I. (2022). Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Mengukur Kinerja Keuangan Pt. Jasa Raharja Perwakilan Parepare. Moneta: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 1(1), 40–49.
Firdaus, G. R., & Dara, S. R. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Melakukan Akuisisi Dan Merger Pada Perusahaan Non Keuangan. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.36407/akurasi.v2i2.184
Gustina, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisipada Perusahaan Yanggo Publicyang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 1–23. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jak/article/view/253
Ilyas, F. (2021). Analisis Swot Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) Terhadap Dampak Ekonomi Di Tengah Upaya Menekan Laju Pandemi Covid-19. Jurnal Akrab Juara, 6(3), 190–198. https://doi.org/https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1559
Intakoris, S., Wardhana, M. A., Maryatin, M., & Prihantono, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur BCA M-Banking. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 16–21. http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jatmi/article/view/1806
Iswandi, A. (2022). Analisis Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Penilaian Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus Laporan Tahun 2016-2018). Al Tasyree : Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 2(01), 22–34. https://journal.ptiq.ac.id/index.php/altasyree/article/view/712
Jannah, M. (2020). Pengaruh Jenis Merger Dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 1(8), 481–487. https://doi.org/10.46799/jst.v1i8.124
Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). CV BUDI UTAMA. https://books.google.co.id/books?id=MsKIDwAAQBAJ&lpg=PR5&ots=TFjzAiBAz_&dq=Strategi adalah&lr&pg=PR4#v=onepage&q=Strategi adalah&f=false
Lestari, D. A. (2014). Analisis Perbandingan Abnormal Return Dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Setelah Merger dan Akuisisi (Studi Kasus: Perbankan yang Terdaftar di BEI, Periode 2008-2013) [Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/44803/
Mardiyanto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227
Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder (S. P. T. Utami (ed.); 4th ed.). PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=tUl1BgAAQBAJ&lpg=PT26&ots=FetbJDTZ4f&dq=Dua pendekatan dapat dilakukan dalam menganalisis data sekunder&lr&pg=PT4#v=onepage&q=Dua pendekatan dapat dilakukan dalam menganalisis data sekunder&f=false
Mohammad, S. A. N., & Agilga, O. T. (2022). Analisis Merger Bank Syariah Indonesia (BSI) Dengan Pendekatan Maslahah Mursalah. Tasyri’ : Journal of Islamic Law, 1(2), 319–350. https://doi.org/https://doi.org/10.53038/tsyr.v1i2.38
Munawaroh, R. K., Marcellina, M., & Soeroto, W. M. (2022). Analisis Akuisisi Pt Bank Royal Indonesia Oleh Pt Bank Central Asia Tbk. Sebatik, 26(1), 17–25. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1838
Noemasyhuri, K. (2021). Gejolak Perbankan Syariah Indonesia : Tinjauan Sebelum dan Ketika Era Covid-19 Perspektif Ekonomi Islam. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021, 1(7), 1–9. http://www.incoilsfdpdiktis2021.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/incoils/article/view/325
OJK. (2022). Transformasi Digital Perbankan: Wujudkan Bank Digital. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40774
Padang, U. R. A., & Syarvina, W. (2022). Property Business Competitive Strategy Analysis at PT . Rizki Mandiri Barokah. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis Digital, 1(2), 177–184. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jambd.v1i2.2404
Rantemangiling, Y., Mamesah, E. L., & Setiabudhi, D. O. (2022). Analisis Yuridis Mengenai Merger Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, Dan BNI Syariah Menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Lex Crimen, 11(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexcrimen/article/view/43366
Sari, P. K., Ni’mah, A., & Hana, K. F. (2022). Analisis Sinkronisasi Budaya Kerja Sumber Daya Manusia Pada Bank Syariah Indonesia Setelah Merger. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.91.31-41
Siahaan, A. N. (2020). Pengaruh Roa, Roe Dan Eps Terhadap Return Saham Pada Pt Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2008-2018 (Issue 2504). Universitas HKBP Nommensen.
Suharbi, M. A., & Margono, H. (2022). Kebutuhan Transformasi Bank Digital Indonesia Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4749–4759. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1758
Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia ( BSI ) Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 24(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.33-58
Sultoni, H., & Mardiana, K. (2021). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah. Jurnal Eksyar : Jurnal Ekonomi Syariah, 08(01), 17–40.
Sundari, R. I. (2016). Kinerja Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Go Public. Telaah Bisnis, 17(1), 51–64. https://doi.org/10.35917/tb.v17i1.43
Yunus, E. (2016). Manajemen Strategi (A. A. Christian (ed.)). CV ANDI OFFSET. https://books.google.co.id/books?
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.