Analisis Pengaruh Penerapan Strategi Merger dan Akuisisi Pada Bank BCA dan BSI Terhadap Kinerja Perusahaan

Authors

  • Inda Meyllya Putri Universitas Internasional Batam
  • Michael I B Anju Sibagariang Universitas Internasional Batam
  • Nabila Arinov Mey Universitas Internasional Batam
  • Pradino Kusumo Universitas Internasional Batam
  • Rince Monica Hutagalung Universitas Internasional Batam
  • Rizky Adi Mahendra Universitas Internasional Batam
  • Rizqi Anantia Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v7i1.35750

Keywords:

Merger, Akuisisi, Strategi, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh strategi merger dan akuisisi pada Bank Central Asia (BCA) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian yang diaplikasikan pada penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif yaitu data dalam bentuk numerik (angka), serta metode pengambilan data serta analisis yang dipergunakan yaitu metode Analisis Data Sekunder (ADS) yaitu berupa menggunakan serta menganalisis data yang sudah ada tanpa harus melakukan survei dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini ialah penerapan strategi merger lebih banyak memberikan perubahan yang signifikan pada perusahaan Bank Syariah Indonesia (BSI) dibandingkan akuisisi yang dilakukan Bank Central Asia (BCA).

References

Adenan, M., Safitri, G. H., & Yuliati, L. (2021). Market Share Bank Syariah Terhadap Institusi Keuangan Syariah di Indonesia ( The Market Share of Islamic Banks to Islamic Financial Institution in Indonesia ). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.21144

Ali, K. (2020). Analisis Perbedaan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger dan Akuisisi Pada Perusahaan yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. DERIVATIF: Jurnal Manajemen, 14(2), 200–209. https://doi.org/10.24127/jm.v14i2.506

Amatilah, F. F., Syarief, M. E., & Laksana, B. (2021). Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Non-Bank yang Tercatat di BEI Periode 2015. Indonesian Journal of Economics and Management, 1(2), 375–385. https://doi.org/10.35313/ijem.v1i2.2505

Andayani, M., & Ardini, L. (2016). Analisis Rasio Likuiditas Dan Rasio Profitabilitas Terhadap Perubahan Laba. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(7), 1–19. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2047

Ariani, S. (2019). Pengaruh Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2018 [Institut Agama Islam Negeri Curup]. http://e-theses.iaincurup.ac.id/1214/

Avery, R. K. (2006). Quantitative Methods in Broadcast History. In Methods of Historical Analysis in Electronic Media (pp. 167–183).

BCA. (n.d.-a). BCA - Brand Assets. Bank Central Asia (BCA). Retrieved March 20, 2023, from https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/Brand-Assets

BCA. (n.d.-b). Laporan Keuangan Bank Central Asia (BCA). Bank Central Asia (BCA). Retrieved March 21, 2023, from https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/Hubungan-Investor/laporan-presentasi/Laporan-Keuangan

BCA. (2017). Hadirkan Produk dan Layanan Sesuai dengan Kebutuhan Nasabah, BCA Raih Indonesia WOW Brand. BCA. https://www.bca.co.id/id/tentang-bca/media-riset/pressroom/siaran-pers/2021/12/20/04/08/hadirkan-produk-dan-layanan-sesuai-dengan-kebutuhan-nasabah-bca-raih-indonesia-wow-brand#:~:text=BCA memperoleh predikat WOW Brand,%2C Tahapan BCA%2C dan Flazz.

BSI. (n.d.-a). Laporan Keuangan Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia (BSI). Retrieved March 21, 2023, from https://ir.bankbsi.co.id/financial_reports.html

BSI. (n.d.-b). Logo Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Syariah Indonesia (BSI). Retrieved March 20, 2023, from https://ir.bankbsi.co.id/home.html

BSI. (2021). Sejarah Perseroan. Bank Syariah Indonesia (BSI). https://ir.bankbsi.co.id/corporate_history.html

Departemen Research and Development CIES FEB UB. (2020). BUMN Memutuskan Merger Bank Syariah, Efektifkah? CIES FEB UB. http://cies.feb.ub.ac.id/bumn-memutuskan-merger-bank-syariah-efektifkah-template/

Desa, R. P., & Wahid, U. (2020). Strategi Marketing Communication PT.BCA Finance Dalam Mempertahankan Brand Ditengah Pandemi COVID-19. COMMUNICATION, 11(2), 134–142. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i2.1170

Deviana, R. (2018). Pengaruh Likuiditas Dan Kualitas Pengungkapan Csr Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Dan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017 [Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/96109

Fadillah, Y., Damirah, D., & Syarifuddin, A. D. I. (2022). Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Mengukur Kinerja Keuangan Pt. Jasa Raharja Perwakilan Parepare. Moneta: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 1(1), 40–49.

Firdaus, G. R., & Dara, S. R. (2020). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Melakukan Akuisisi Dan Merger Pada Perusahaan Non Keuangan. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 63–74. https://doi.org/10.36407/akurasi.v2i2.184

Gustina, I. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisipada Perusahaan Yanggo Publicyang Terdaftar Di Bei. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 1–23. https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/jak/article/view/253

Ilyas, F. (2021). Analisis Swot Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dan Pemberlakuan Pembatasan Kebijakan Masyarakat (PPKM) Terhadap Dampak Ekonomi Di Tengah Upaya Menekan Laju Pandemi Covid-19. Jurnal Akrab Juara, 6(3), 190–198. https://doi.org/https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1559

Intakoris, S., Wardhana, M. A., Maryatin, M., & Prihantono, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Nasabah Elektronik Pada Penggunaan Fitur BCA M-Banking. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 4(1), 16–21. http://ejr.stikesmuhkudus.ac.id/index.php/jatmi/article/view/1806

Iswandi, A. (2022). Analisis Rasio Profitabilitas Sebagai Alat Penilaian Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia (Studi Kasus Laporan Tahun 2016-2018). Al Tasyree : Jurnal Bisnis, Keuangan Dan Ekonomi Syariah, 2(01), 22–34. https://journal.ptiq.ac.id/index.php/altasyree/article/view/712

Jannah, M. (2020). Pengaruh Jenis Merger Dan Akuisisi Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 1(8), 481–487. https://doi.org/10.46799/jst.v1i8.124

Johar, R., & Hanum, L. (2016). Strategi Belajar Mengajar (1st ed.). CV BUDI UTAMA. https://books.google.co.id/books?id=MsKIDwAAQBAJ&lpg=PR5&ots=TFjzAiBAz_&dq=Strategi adalah&lr&pg=PR4#v=onepage&q=Strategi adalah&f=false

Lestari, D. A. (2014). Analisis Perbandingan Abnormal Return Dan Volume Perdagangan Saham Sebelum dan Setelah Merger dan Akuisisi (Studi Kasus: Perbankan yang Terdaftar di BEI, Periode 2008-2013) [Universitas Diponegoro]. http://eprints.undip.ac.id/44803/

Mardiyanto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.37812/aliqtishod.v9i1.227

Martono, N. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi Dan Analisis Data Sekunder (S. P. T. Utami (ed.); 4th ed.). PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=tUl1BgAAQBAJ&lpg=PT26&ots=FetbJDTZ4f&dq=Dua pendekatan dapat dilakukan dalam menganalisis data sekunder&lr&pg=PT4#v=onepage&q=Dua pendekatan dapat dilakukan dalam menganalisis data sekunder&f=false

Mohammad, S. A. N., & Agilga, O. T. (2022). Analisis Merger Bank Syariah Indonesia (BSI) Dengan Pendekatan Maslahah Mursalah. Tasyri’ : Journal of Islamic Law, 1(2), 319–350. https://doi.org/https://doi.org/10.53038/tsyr.v1i2.38

Munawaroh, R. K., Marcellina, M., & Soeroto, W. M. (2022). Analisis Akuisisi Pt Bank Royal Indonesia Oleh Pt Bank Central Asia Tbk. Sebatik, 26(1), 17–25. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1838

Noemasyhuri, K. (2021). Gejolak Perbankan Syariah Indonesia : Tinjauan Sebelum dan Ketika Era Covid-19 Perspektif Ekonomi Islam. International Conference on Islam, Law, and Society (INCOILS) 2021, 1(7), 1–9. http://www.incoilsfdpdiktis2021.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/incoils/article/view/325

OJK. (2022). Transformasi Digital Perbankan: Wujudkan Bank Digital. Otoritas Jasa Keuangan (OJK). https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/40774

Padang, U. R. A., & Syarvina, W. (2022). Property Business Competitive Strategy Analysis at PT . Rizki Mandiri Barokah. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis Digital, 1(2), 177–184. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jambd.v1i2.2404

Rantemangiling, Y., Mamesah, E. L., & Setiabudhi, D. O. (2022). Analisis Yuridis Mengenai Merger Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah, Dan BNI Syariah Menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Lex Crimen, 11(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexcrimen/article/view/43366

Sari, P. K., Ni’mah, A., & Hana, K. F. (2022). Analisis Sinkronisasi Budaya Kerja Sumber Daya Manusia Pada Bank Syariah Indonesia Setelah Merger. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 31–41. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.91.31-41

Siahaan, A. N. (2020). Pengaruh Roa, Roe Dan Eps Terhadap Return Saham Pada Pt Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2008-2018 (Issue 2504). Universitas HKBP Nommensen.

Suharbi, M. A., & Margono, H. (2022). Kebutuhan Transformasi Bank Digital Indonesia Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(10), 4749–4759. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i10.1758

Sulistiyaningsih, N., & Shultan, S. T. A. (2021). Potensi Bank Syariah Indonesia ( BSI ) Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Nasional. Al-Qanun: Jurnal Pemikiran Dan Pembaharuan Hukum Islam, 24(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/alqanun.2021.24.1.33-58

Sultoni, H., & Mardiana, K. (2021). Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN Terhadap Perkembangan Ekonomi Syariah. Jurnal Eksyar : Jurnal Ekonomi Syariah, 08(01), 17–40.

Sundari, R. I. (2016). Kinerja Merger dan Akuisisi pada Perusahaan Go Public. Telaah Bisnis, 17(1), 51–64. https://doi.org/10.35917/tb.v17i1.43

Yunus, E. (2016). Manajemen Strategi (A. A. Christian (ed.)). CV ANDI OFFSET. https://books.google.co.id/books?

Downloads

Published

2023-11-01