Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat 1 Universitas Pamulang Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen Reguler A.
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v3i3.3588Abstract
Pendidikan pada hakekatnya bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia seutuhnya yang berkualitas. Kualitas pendidikan erat kaitannya dengan proses pembelajaran karena proses pembelajaran merupakan salah satu segi terpenting dalam bidang pendidikan. Selain adanya anggapan tersebut prestasi belajar mahasiswa juga dipengaruhi faktor-faktor lain.Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif. Data diambil dari hasil kuesioner. Analisis data dilakukan dengan mengunakan 4 (empat) tahapan yaitu pengumpulan data, validitas item, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara secara simultan antara Motivasi Belajar (X1), Minat Belajar (X2), Kesehatan Jasmani (X3), Pembimbing Akademik (X4), dan Lingkungan Sosial (X5) Terhadap Prestasi Belajar (Y) dan yang paling dominan adalah faktor motivasi belajar dengan presentase sebesar 46,3%.
References
Ainamulyana. 2017. Minat Belajar. https://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html. Diakses 25 Mei 2019.
Aziz, RZ Abdu. 2013. Peranan dan Fungsi Pembimbing Akademik. https://rzabdulaziz.wordpress.com/2013/05/23/peran-dan-fungsi-pembimbing-akademik/. Diakses 16 Mei 2019.
B. uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dominique. 2012. Pengertian Lingkungan Sosial. http://dominique122.blogspot.com/2015/05/pengertian-lingkungan-sosial-dan.html. Diakses 13 Mei 2019.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Lesmana, R., Sunardi, N., Kartono, K., Rudy, R., & Sumiaty, R. Y. (2020). Implementasi Manajemen dalam Meningkatkan Minat Baca Warga Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Maxmanroe. 2019. Pengertian Kebugaran Jasmani. https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-kebugaran-jasmani.html. Diakses 19 Mei 2019.
Sunardi, N., Lesmana, R., & Tumanggor, M. (2018). Implementasi Manajemen Dalam Meningkatkan Iman Dan Taqwa Masyarakat Dusun Panyeredan, Cimanggu, Cisalak, Subang–Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(1), 131-140.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.