Peningkatan Daya Saing Usaha Ayam Geprek XYZ Menggunakan Metode Analisis SWOT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v7i2.36932

Keywords:

Ayam Geprek, MSME, SWOT Analysis, UMKM

Abstract

MSME (Micro, Small, and Medium Enterprise)s are one of the businesses that are growing rapidly in society, which, without realizing it, has played a vital role in economic development and growth. Responding to these conditions, the government is making efforts to encourage the development of the digital economy and the digitalization of MSMEs. XYZ Geprek Chicken Business is one of the MSMEs that is also developing in this atmosphere. From the quantitative descriptive research that was conducted, it was shown that this business is in quadrant IV (Diversification) of the SWOT diagram, which means the business is in stable condition but facing serious challenges, so it is estimated that the business will experience difficulties if it only relies on existing strategies. Proposed diversification strategies that can be carried out by this business are: developing seasoning formulas; developing attractive promotions; collaborating with external parties; using technology; using halal, natural or BPOM-licensed ingredients; as well as menu differentiation.

UMKM adalah salah satu usaha yang berkembang pesat di tengah masyarakat, yang tanpa disadari telah memainkan peran vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah pun tengah melakukan upaya-upaya guna mendorong perkembangan ekonomi digital dan digitalisasi UMKM. Usaha Ayam Geprek XYZ merupakan salah satu UMKM yang turut berkembang di dalam atmosfer tersebut. Penelitan yang dilakukan secara kuantitatif deskriptif, menunjukkan bahwa usaha ini berada di kuadran IV (Diversifikasi) diagram SWOT, yang artinya usaha dalam kondisi mantap namun menghadapi tantangan berat sehingga diperkirakan roda usahanya akan mengalami kesulitan bila hanya bertumpu pada strategi yang ada. Usulan diversifikasi strategi yang dapat dilakukan oleh usaha ini yaitu: pengembangan formula bumbu; pengembangan promosi yang menarik; kerja sama dengan pihak eksternal; penggunaan teknologi; penggunaan bahan-bahan yang halal; alami maupun berlisensi BPOM; serta diferensiasi menu.


References

Abdurohim, D. (2020). Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM (M. Fathoni, Ed.; 1st ed.). Bintang Pustaka Madani.

Agustinova, D. E. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik (1st ed.). Calpulis.

Arraniri, I. (2014). Manajemen Strategi (1st ed.). Al Fath Zumar.

Badan Pusat Statistik RI. (2023). Posisi Kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Bank Umum (Milyar Rupiah). https://www.bps.go.id/indicator/13/1962/1/posisi-kredit-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-sup-1-sup-pada-bank-umum-.html

Fauzi, A., Nisa, B., Napitupulu, D., Abdillah, F., Utama, A. A. G. S., Zonyfar, C., Nuraini, R., Purnia, D. S., Setyawati, I., Evi, T., Permana, S. D. H., & Sumartiningsih, M. S. (2022). Metodologi Penelitian (1st ed.). CV Pena Persada.

Hardjati, S., Wahyudi, K. E., & Hidayat, E. (2021). Buku Ajar: Manajemen Strategi Sektor Publik (A. Prathama, Ed.; 1st ed.). Indomedia Pustaka.

Hasmanto, R. B., Rusilowati, U., & Wahyudi. (2022). Metode Penelitian Bisnis: Konsep dan Praktek (Wahyudi, Ed.; 1st ed.). Dewangga Energi Internasional.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian (1st ed.). Rajawali Press.

Huda, A. M., & Martanti, D. E. (2018). Pengantar Manajemen Strategik (1st ed.). Jayapangus Press.

Limanseto, H. (2021, January 27). Pemerintah Gandeng AFTECH Kembangkan Ekonomi Digital Nasional Guna Tingkatkan Daya Saing UMKM. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/892/pemerintah-gandeng-aftech-kembangkan-ekonomi-digital-nasional-guna-tingkatkan-daya-saing-umkm

Limanseto, H. (2022, October 1). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapat-kan-dukungan-pemerintah

Ngatno. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Universitas Diponegoro.

Paroli. (2023). Manajemen Strategi (M. Kusmiati & S. Rusdian, Eds.; 1st ed.). CV. Aksara Global Akademia.

Pradipta, H. (2019, January 31). Tren dan Data Terbaru Bisnis Ayam Geprek di Indonesia tahun 2018. Moka Indonesia.

Rahdiana, N., & Sukarman. (2021). Analisis SWOT sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Keripik Pisang di Kabupaten Karawang. Buana Ilmu, 6(1), 162–170. https://doi.org/10.36805/bi.v6i1.1992

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis (12th ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sampe, F., Suhardi, Limpo, L., Rijal, S., Yusuf, M., Ramadhi, Polimpung, L. J. C., Levany, Y., Syafriani, O., Irawan, J. L., Bubun, U. U., Beauty, Prasetiyorini, P., Pakiding, D. L., & Papalangi, N. (2023). Manajemen Strategis: Teori dan Implementasi (N. K. Lestari, Ed.). Sada Kurnia Pustaka.

Setyowati, H. E. (2020, January 21). Melalui KUR, Pemerintah Terus Upayakan Keberpihakan Pada UMKM. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/51/melalui-kur-pemerintah-terus-upayakan-keberpihakan-pada-umkm

Sofyan, I. (2015). Manajemen Strategi: Teknik Penyusunan serta Penerapannya untuk Pemerintah dan Usaha (1st ed.). Graha Ilmu.

Syukron, A. (2014). Pengantar Manajemen Industri (1st ed.). Graha Ilmu.

Yasin, M. (2020). Strategic Management (Manajemen Stratejik). Universitas Negeri Jakarta.

Downloads

Published

2024-01-03