Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Menetapkan Strategi Untuk Keberlangsungan Sekolah (Studi kasus pada Sekolah Al Zahra, Tangerang Selatan)

Authors

  • Muhammad Agus Salim Universitas Pamulang
  • Erthride Maharai Puri Dharmajati Universitas Pamulang
  • Naning Oktaviana Universitas Pamulang
  • Masno Marjohan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v8i1.38428

Abstract

Abstrak. Sekolah Al Zahra merupakan salah satu sekolah swasta yang berada di Tangerang Selatan dan menjadi salah satu sekolah favorit. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, persaingan di industri pendidikan semakin ketat. Hal ini menuntut Sekolah Al Zahra untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Sekolah Al Zahra dalam rangka menetapkan strategi untuk keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Sekolah Al Zahra Indonesia terhadap lingkungan internal dan eksternal memiliki posisi yang kuat dengan tingginya minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke Sekolah tersebut. Strategi yang dapat dilakukan Sekolah Al Zahra Indonesia agar terus mendapatkan kepercayaan dari masyarakat meliputi membuat perencanaan tujuan sekolah dengan tepat, menggunakan pendekatan yang partisipatif, memiliki tenaga pendidik yang kompeten, menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, serta memenuhi sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan.

 

Abstract. Al Zahra School is one of the private schools located in South Tangerang and became one of the preferred schools. However, in recent years, the competition in the education industry has intensified, necessitating Al Zahra School to continuously innovate and enhance its quality. This research aims to analyze the internal and external environment of Al Zahra School to determine strategies for the foundation's sustainability. The study employs a qualitative method with a case study approach. The research results indicate that Al Zahra School in Indonesia holds a strong position in both the internal and external environments, with a high level of community interest in enrolling their children in the school. Strategies that Al Zahra School Indonesia can implement to maintain trust from the community include precise goal planning, participative approaches, competent educators, creating a conducive school environment, and ensuring facilities meet the necessary requirements.

Downloads

Published

2024-11-01