Pengaruh Strategi Pemasaran Artifical Intelligence (AI) dan Tren Produk Terhadap Kemauan Membeli Produk Kosmetik Vending Machine
Pengaruh Strategi Pemasaran Artifical Intelligence (AI) dan Tren Produk Terhadap Kemauan Membeli Produk Kosmetik Vending Machine
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v8i3.44070Keywords:
Artifical Intelligence; Tren Produk; Kemauan MembeliAbstract
Penelitian yang dilakukan ini memiliki tiga variabel yakni varibel independent Strategi Pemasaran Artifical Intelligence (AI) dan Tren Produk. Sementara itu untuk variabael dependen adalah Kemauan Membeli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pemasaran Artifical Intelligence (AI) dan Tren Produk Terhadap Kemauan Membeli Produk Kosmetik Vending Machine. Metode yang digunakan adalah metode komparatif, dengan menggunakan perhitungan SPSS.25. Hasil kuesioner tersebut diolah dengan software SPSS. Hasil uji F SPSS menujukkan bahwa terdapat Pengaruh Strategi Pemasaran Artifical Intelligence (AI) dan Tren Produk Terhadap Kemauan Membeli. Sementara itu untuk uji t menujukkan hasil bahwa masing-masing variabel memiliki Pemasaran Artifical Intelligence (AI) Terhadap Kemauan Membeli, terdapat pengaruh antara Tren Produk Terhadap Kemauan Membeli. Hasil manfaat yang didapatkan dari penelitian ini adalah pembeli dapat mengetahui lebih dalam lagi terkait dengan produk kosmetik yang dapat dibeli di Vending Machine.
References
Ali, M. I. dkk. (2023). Analisis Penerapan Artificial Intelligence terhadap Efektivitas Social Media Marketing pada Akun Instagram Cuci Sepatu Kelen dengan Pendekatan Model AIDA.SANTRI . Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam , Volume 1 no 5.
Arviollisa, P. A. D. (2021). The Effect Of Artificial Intelligence (Ai) On Customer Experience (Study Of Gojek User In Bandung, West Java). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan , Vol.6, No. 2,.
Dasipah, E. dan S. G. P. (2023). Sistematisasi Pemasaran Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. CV. Mega Press Nusantara.
Fatihah, D. C. dan S. L. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (Ai) Di Indonesia. . Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat)., Vol. 8 No. 3.
Irawan, A. P. (2017). Perancangan & Pengemabgan Produk Manufaktur. ANDI.
Jusuf Indriani, D. (2018). Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Yogyakarta.
Maihani, S. dkk. (2023). Peran Kecerdasan Buatan Artificial Intelligence (Ai) Dalam Inovasi Pemasaran. Jurnal Warta Dharmawangsa , Volume 17, Nomor 4.
Nugraha, Billy. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Sukoharjo.
Priyatno, Duwi. (2022). Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS & Analisis Regresi Data Panel Dengan Eviews. Yogyakarta.
Rahmawati, I. dkk. (2020). Faktor Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Kerja Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang). LPPM Universitas KH.A. Wahab Hasbullah. .
Ramadhana, M. A. dan H. A. S. (2022). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence Terhadap Customer Loyalty Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi. . . Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Volume 01 No 4.
Ramadhini, F. P. A. dkk. (2024). Artificial Intelligence (Ai), Pemasaran Digital Dan Popularitas Terhadap Niat Beli Konser Virtual Pada Girlband Korea Aespa. . COSTING:Journal of Economic, Business and Accounting , Volume 7 Nomor 3,.
Ramadina, A. A. dan R. S. V. (2023). Tindakan E-WOM Akibat Artificial Intelligence Warna Kosmetik Pada Kalangan Pengguna Sosial Media Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, , 9 (19).
Sayyid, M. (2020). Strategi Pemasaran Bisnis Farmasi. Zifatama Jawara.
Suprayogi, Agus. dkk. (2022). Pengaruh Display Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alfamart Cabang Pondok Jagung Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Perabadan. , Volume 2, Nomor 1,.
Susilowati, Fajar. (2022). Pengujian Statistik Dengan SPSS. Pustaka Rumah Cinta.
Terimajaya, I. W. dkk,. (2024). Dasar-Dasar Statistika (Konsep dan Metode Analisis). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wujarsono, R. (2023). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif. PT. Asadel Liamsindo Teknologi.
Yanti, S. (2024). . Pengaruh Trend Fashion Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswi STEBIS IGM Palembang). : Vol. Vol 4 No 1.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.