Analisis Laporan Keungan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Surya Citra Media Tbk.

Authors

  • Fakung Rahman Universitas Pamulang
  • R. Chepi Safei Jumhana Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v3i2.4515

Abstract

Walaupun sudah banyak orang yang meneliti tentang kinerja keuangan suatu perusahaan, akan tetapi sangat jarang bahkan mungkin belum ada orang yang meneliti kinerja keuangan perusahaan di bidang industri jasa penyiaran (televisi), maka dari itu penulis tertarik untuk meniliti kinerja keuangan PT. Surya Citra Media Tbk. (SCMA), yang kebetulan perusahaan tersebut sebagai holding dari dua stasiun televisi ternama yaitu PT. Surya Citra Televisi (SCTV) dan PT. Indosiar Visual Mandiri (Indosiar).

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Surya Citra Media Tbk. berdasarkan analisis rasio likuiditas, rentabilitas, aktivitas dan rasio solvabilitas. Fokus dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan yang dapat diukur dengan 13 rasio keuangan yaitu Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio, Total Asset Turnover, Fixed Asset Turnover, Working Capital Turnover, Inventory Turnover, Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Gross Profit Margin, Return on Asset, dan Return on Equity.

References

Abdul Kadim, K., & Nardi Sunardi, S. (2018). Determinant Of Company’s Likuidity And It's Implications On Financial’s Performance Of Ritail Trade Company’s In Indonesia At The Period Of 2008–2017. Global and Stockhastic Analysis, 5(7), 235-247.

Abdul Kadim, K., & Nardi, S. (2018). Eviews Analysis: Determinant Of Leverage And Company’s Performance. Global and Stochastic Analysis (GSA), 5(7), 249-260.

Fahmi, Irham, 2012. Analisa Laporan Keuangan. Cetakan kedua. Bandung: Alfabeta.

Handoko, T., Hani, 1998. Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty.

Hasibuan, Malayu, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2002. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Lutfi, A. M., & Sunardi, N. (2019). Pengaruh Current Ratio (Cr), Return On Equity (Roe), Dan Sales Growth Terhadap Harga Saham Yang Berdampak Pada Kinerja Keuangan Perusahaan (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 2(3), 83-100.

Mulyadi, 2012. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Munawir, S. 2004. Analisa Laporan Keuangan. Edisi ke-4. Cetakan ke-11. Yogyakarta: Liberty.

Puspitaningtyas, Dionisia Domasrani, 2014. Analisa laporan Keuangan Untuk menilai Kinerja Keuangan Perusahaan PT. Gudang Garam Tbk. Skripsi. Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Sharma, Yogyakarta.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sawir, Agnes. 2001. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sodikin, Slamet Sugiri, dan Riyono, Bogat Bagus. 2014. Akuntansi Pengantar 1. Edisi Ke-9. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Subramanyam, K.R., dan Wild, John J. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Sepuluh, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Sunardi, N. (2018). Analisis Du Pont System Dengan Time Series Approach (Tsa) Dan Cross Sectional Approach (Csa) Dalam Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Industri Konstruksi (BUMN) di Indonesia Yang Listing di BEI Tahun 2013-2017). Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 1(4).

Sunardi, N. (2018). Analisis Risk Based Bank Rating (RBBR) Untuk Mengukur Tingkat Kesehatan Bank Syariah Di Indonesia. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2).

Suryanto, Wirawan, 2019. Pengaruh Return on Assets, Current Ratio, Total Asset Turn Over, dan Quick Ratio Terhadap Earning Per Share Serta Dampaknya Terhadap Dividen Payout Ratio. Jurnal Sekuritas, Vol.2, No.3, Mei 2019.

Team Teaching, 2019. Modul Analisis Laporan Keuangan. Tangerang Selatan: Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang.

Downloads

Published

2020-03-10