Pengaruh Influencer Dokter Detektif Pada Platform Tiktok Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Skincare Daviena Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Oktavia Monika Rosidania State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v8i3.51696

Keywords:

Brand Image; Influencer; Purchasing Interest.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh influencer dokter detektif pada platform tiktok terhadap minat pembelian konsumen pada produk skincare daviena dengan brand image sebagai variable intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif melalui penyebaran kuisioner menggunakan google form dengan populasi penelitian mahasiswa aktif Universitas Negeri Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 responden yang didapatkan melalui purposive sampling dengan metode non probability sampling. Melalui analisis jalur (path analysis), penelitian ini mendapatkan hasil influencer berpengaruh terhadap minat pembelian, influencer berpengaruh terhadap brand image, brand image berpengaruh terhadap minat pembelian, brand image memediasi pengaruh influencer terhadap minat pembelian.

References

Agustin, Nurul, And Amron Amron. 2022. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop.” Kinerja 5(01): 49–61.

Febriyanti, Endah, And Annisa Fajri. 2024. “Social Media Influencers , Brand Awareness , And Brand Image On Purchasing Decisions For Skincare Products.” 1(2): 1242–49.

Hapsari, Leona Febi. 2022. 6 Αγαη Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Skincare Lokal Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Generasi Millenial Di Kota Bandar Lampung) Skripsi Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-Tugas Dan Memenuhi Syarat-Syarat.

Herliani, Alicha, And Aldy Santo Hegiarto. 2024. “The Influence Of Brand Awareness Advertising On Instagram On Interest In Purchasing Azarine Products.” International Journal Of Education, Social Studies, And Management (IJESSM) 4(2): 423–34. Doi:10.52121/Ijessm.V4i2.272.

Isrofa, Laili, And Kussudyarsana. 2024. “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Niat Pembelian Ulang Dengan Brand Image Dan Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Scarlett Whitening.” Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 17(1): 658–77.

Japarianto, Edwin, And Stephanie Adelia. 2020. “Pengaruh Tampilan Web Dan Harga Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening Variable Pada E-Commerce Shopee.” Jurnal Manajemen Pemasaran 14(1): 35–43. Doi:10.9744/Pemasaran.14.1.35-43.

Kamalin, Sella Fatra Laili, And Zulkarnaen. 2025. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Madame Gie Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Di Kota Mataram.” 4(5): 545–54.

Nisa, Khaerun, Yesika Divania, Irham Ziddan, And Wahyudi Wahyudi. 2024. “The Effect Of Social Media Marketing On Buying Interest MS Glow Skincare On DP3AKB Employees In Serang City.” Jurnal Mantik 8(1): 65–73. Doi:10.35335/Mantik.V8i1.4954.

Nurjanah, Listia, And Kelfi Yanti Limanda. 2024. “Analisis Pengaruh Influencer Dan EWOM Terhadap Minat Beli Skincare Pada Generasi Z Di Kota Batam: Peran Mediasi Brand Image.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan 5(1): 117–33. Doi:10.51805/Jmbk.V5i1.195.

Pasaribu, Aisyah Fitri, Tri Inda Fadhila Rahma, And Budi Dharma. 2023. “Pengaruh Content Marketing , Viral Marketing Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Skincare Pada Mahasiswa.” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 10(2): 81–93. Doi:10.36987/Ecobi.V10i2.4432.

Penny, And Kharisma Austin Makaba. 2024. “Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific Di Shopee.” Jurnal Manajemen & Bisnis Jayakarta 6(01): 26–42. Doi:10.53825/Jmbjayakarta.V6i01.282.

Rachmy, Frisa Sovia, And Taufiq Ismail. 2024. “Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen 3(1): 116–27. Doi:10.21776/Jmppk.2024.03.1.12.

Rahmawati, P A, And L Farida. 2024. “The Influence Of Content Marketing, Content Quality, And Brand Image On The Purchase Intention Of Skintific Products Through The Official Tiktok@ Skintific_Id In ….” Journal Of Economics Education And … 5438: 168–80. Https://Ppjp.Ulm.Ac.Id/Journals/Index.Php/Jee/Article/View/12157.

Sa’adah, Fatkhiyatus, And Rachma Rizqina Mardhotillah. 2023. “Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, Brand Trust And E- WOM On Purchase Intention For Halal Skincare Product. (Study On Avoskin Skincare In Surabaya).” Journal Of Halal Research, Policy, And Industry 2(2): 1–13. Doi:10.33086/Jhrpi.V2i2.5450.

Sahir, Syafrida Hafni. 2021. Metodologi Penelitian. Penerbit Kbm Indonesia.

Sari, Komala, Ujang Sumarwan, And Jono M. Munandar. 2024. “The Effect Of Tiktok Social Media Influencer, Brand Image, And Lifestyle On Purchase Intention Of Local Skincare Products.” Indonesian Journal Of Business And Entrepreneurship 10(1): 181–90. Doi:10.17358/Ijbe.10.1.181.

Simanjuntak, Tri Wahyuni. 2024. “Arus Jurnal Sosial Dan Humaniora (AJSH).” Jurnal Sosial Dan Humaniora 4(1). Http://Jurnal.Ardenjaya.Com/Index.Php/Ajshhttp://Jurnal.Ardenjaya.Com/Index.Php/Ajsh.

Then, Nelly, And Suwinto Johan. 2021. “Effect Of Product Quality, Brand Image, And Brand Trust On Purchase Intention Of SK-II Skincare Products Brand In Jakarta.” Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan 5(5): 530. Doi:10.24912/Jmbk.V5i5.13327.

Wibowo, Agus. 2023. “Pemasaran Melalui Influencer (Marketing Via Influencer).” Ebook.

Yuwono, Wisnu, Nadiva Surya Permata, And Renny Christiarini. 2024. “Analisis Pengaruh Influencer Credibility Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Lokal Dengan Mediasi Brand Image, Trust, Dan Brand Satisfaction.” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 13(02): 510–19. Doi:10.22437/Jmk.V13i02.31782.

Downloads

Published

2025-07-01