Pengaruh Pelayanan Tenaga Pendidik dan Promosi Jasa Terhadap Minat Daftar Siswa di SD Swasta Keenkids

Authors

  • Melani Quintania Universitas Darma Persada
  • Irma Citarayani Universitas Darma Persada
  • Hermin Sirait Universitas Darma Persada Jakarta
  • Endang Tri Pujiastuti Universitas Darma Persada Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32493/frkm.v3i3.5788

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh Pelayanan Tenaga Pendidik dan Promosi Jasa terhadap terhadap Minat Daftar Siswa di SD Swasta Keenkids. Jenis penelitian ini bersifat kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 60 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for Windows Versi 23.00 melalui tahapan statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas data, uji asumsi klasik serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial terdapat pengaruh positif atas Pelayanan Tenaga Pendidik dan Jasa Promosi terhadap Minat Daftar Siswa di SD Swasta Keenkids.

Author Biography

Melani Quintania, Universitas Darma Persada

Marketing Management

References

bdullah, M. (2018). Pengaruh Fasilitas Sekolah dan Motivasi Guru terhadap Efektivitas Proses Mengajar di Madrasah Aliayah DDI Bontang. Jurnal PROMOSI: Pendidikan Ekonomi UM Metro, 6(2), 165-175.

Ali, H., & Limakrisna, N. (2013). Metodologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis, dan Disertasi) (1 ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Alma, B., & Hurriyati, R. (2008). Manajemen Corporate Strategi & Pemasaran Jasa Pendidikan (Fokus pada Mutu dan Layanan Prima). Bandung: PT. Alfabeta.

Arikunto, S. (2013). Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Efferi, A. (2014). Dinamika Persaingan Antar Lembaga Pendidikan. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 2(1), 96-116.

Fahrurrozi, M., Soekiman, J. S., Gheta, A. P., Sudaryana, Y., & Husain, T. (2020). Business to Business ecommerce and role of Knowledge Management. TEST Engineering & Management, 82, 16347-16357.

Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program: IBM SPSS 23 (VIII ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hasibuan, M. S. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan ke18, Jakarta: PT Bumi Aksara. (Vol. Cetakan ke-18). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, S., & Asroi. (2013). Manajemen Pendidikan Substansi dan Implementasi dalam Praktik Pendidikan di Indonesia. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Husain, T. (2017). Efektivitas Promotion Mix Terhadap Keputusan Wali Murid Memilih SMA IT Pesantren Nururrahman. MBiA, 16(2), 69-78.

Hakim, L., Sunardi, N. (2017). Determinant of leverage and it's implication on company value of real estate and property sector listing in IDX period of 2011-2015. Man in India, 97(24), pp. 131-148

Kamayuda, D. M. (2016). Perencanaan Strategi Bersaing Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Baru di Salah Satu Sekolah Swasta Salatiga. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 15-29.

Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2014). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lesmana, R. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Perumahan di Green River City Bekasi (Studi Kasus di PT. Artha Bangun Pratama). INOVASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(2), 40-59.

Lesmana, R., & Ayu, S. D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT Paragon Technology and Innovation. Jurnal Pemasaran KOMPETITIF, 2(3), 59-72.

Murni. (2017). Manajemen Tenaga Pendidik dan Kependidikan. Jurnal Intelektualita, 5(02), 27-45.

Rohmitriasih, & Soetopo, H. (2015). Starategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 402-407.

Sinambela, L. P. (2011). Reformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunardi, N., Hamid, A. A., Lativa, A. K., & Tulus, N. (2018). Determinant Of Cost Efficiency And It's Implications For Companies Performance Incorporated In The Lq. 45 Index Listing In Idx For The Period of 2011-2016. International Journal of Applied Business and Economic Research, 16(1).

Nardi Sunardi, E. A., Kadim, A., Tumanggor, M., & Oktrima, B. (2018). Effects Of The Bank Soundness With The Rbbr Approach (Risk Base Bank Rating) Of Cost Efficiency And Its Implications On Sharia Bank Performance In Indonesia For The Period Of 2012–2016. International Journal of Economic Research, 15(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Syahputra, E. (2020). SNOWBALL Throwing: Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Nagrak - Sukabumi: Haura Publishing.

Downloads

Published

2020-07-01