Pengaruh Human Relations dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Matahari Departemen Store Cabang WTC Serpong Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/frkm.v3i3.6116Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh parsial dan simultan human relations dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Matahari Departemen Store cabang WTC Serpong. Sampel yang digunakan 55 responden. Teknik analisis data dengan Regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Semakin baik tingkat human relation antar karyawan, atasan dan pelanggan akan membuat peningkatan kinerja karyawan, pengaruh dari variabel tersebut adalah positif signifikan atau (0,001 < 0,05). Semakin kondusif dan baik kondisi lingkungan kerja maka akan membuat peningkatan kinerja karyawan, pengaruh dari variabel tersebut adalah positif signifikan atau (0,003< 0,05). Meningkatnya human relations dan semakin baik lingkungan kerja bila dilakukan secara simultan akan membuat peningkatan kinerja karyawan, pengaruh dari kedua variabel tersebut adalah positif signifikan atau (0,000< 0,01).
References
Anoraga, P. dan Widiyanti, N. (2004). “Psikologi dalam Perusahaanâ€. Jakarta: Rineka Cipta.
Effendy, O. U. (2002), “Human Relation dan Public Relationâ€, Bandung: Mandar Maju.
Gibson, J. L., et all. (2014). “Perilaku Organisasi (Organizational. Behavior) (Edisi-9)â€. Jakarta: Erlangga.
Istijanto. (2010). “Riset Sumber Daya Manusia Edisi Revisiâ€. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kadim, A., Sunardi, N., & Husain, T. (2020). The modeling firm's value based on financial ratios, intellectual capital and dividend policy. Accounting, 6(5), 859-870.
Lewa. S, (2005), “Perilaku dan Budaya Organisasiâ€, Bandung: PT Refika Aditama.
Malayu. H. (2014). “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Jakarta: Bumi. Aksara.
Mangkunegara, A. P. (2013), “Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€. Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Robbins. S. P. (2013). “Perilaku Organisasiâ€. Jakarta: Salemba Empat.
Rosyad. S. (2012), “Manajemen Dakwah Islamâ€. Jakarta: Bulan Bintang.
Lesmana, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen PT. Garuda Indonesia Tbk.(Persero). JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(1).
Sedarmayanti. (2011). “Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan. Manajemen Pegawai Negeri Sipil (cetakan kelima)â€, Bandung: CV. Mandar. Maju.
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Pelaksanaan Alokasi Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa dalam Meningkatkan Efektivitas Program Desa Sejahtera Mandiri Di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang. Jurnal SEKURITAS (Saham, Ekonomi, Keuangan dan Investasi), 3(3), 277-288.
Sugiyono (2015). “Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods)â€. Bandung: Alfabeta.
Wirawan. (2012). “Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesiâ€. Depok. PT Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of agroindustry.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.