Upaya Peningkatan Omset Penjualan Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Bagi Wirausaha Muda Di Desa Kedungmenjangan Purbalingga
DOI:
https://doi.org/10.32493/aljpkm.v6i1.44749Keywords:
Pelatihan Canva, UMKM, Pelatihan Desain GrafisAbstract
Wirausaha muda di Kedungmenjangan, Purbalingga, memiliki peran yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi lokal melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, meskipun kontribusi mereka penting, wirausaha muda di daerah ini menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan dan mempertahankan usahanya. Salah satu masalah utama adalah rendahnya omset penjualan yang dialami banyak UMKM. Pelatihan Canva menjadi solusi penting bagi pelaku UMKM dan wirausaha muda dalam menghadapi tantangan promosi yang efektif di era digital. Banyak pelaku usaha menghadapi kendala dalam menciptakan konten visual yang menarik dan profesional, terutama karena keterbatasan keterampilan dalam desain grafis. Pelatihan Canva memberikan dampak positif yang signifikan bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan keterampilan desain grafis dasar yang penting untuk promosi produk secara mandiri. Dengan menguasai fitur-fitur Canva, para peserta mampu menciptakan konten visual yang menarik, konsisten, dan profesional.
References
Alawiah, E. T., & Setyorini, D. (2023).
Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Omset Penjualan dan Pelatihan Pembuatan Label Kemasan menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 279-285.
Donoriyanto, D. S., Indiyanto, R., AR,
N. R. J., & Syamsiah, Y. A. (2023). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 42-50.
Indrapura, P. F. S., & Fadli, U. M. D.
(2023). Analisis strategi digital marketing di perusahaan Cipta Grafika. Jurnal Economina, 2(8), 1970-1978.
Mahanani, E., Sari, B., & Thantawi, A.
M. (2024). Workshop TIKTOK Senjata Rahasia Tingkatkan Omset UMKM Binaan GEMMA Indonesia Raya, Depok. IKRA-ITH ABDIMAS, 8(1), 283-293.
Masriansyah, L. (2020). Go digitial and
customer relationship marketing sebagai strategi pemulihan bisnis umkm yang efektif dan efisien di masa adaptasi new normal. Equator Journal of Management and Entrepreneurship, 8(4), 126-140.
Nuraisyah, N., Haryono, D., & Lutfiani,
L. (2023). Pelatihan Strategi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kecamatan Sarjo (Membentuk Dan Mendukung Pengembangan Wirausahawan Muda Dan Pemula). Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS), 2(2), 63-78.
Qisthiano, M. R., & Pramana, D. (2023).
Menggapai Keunggulan Promosi di Era Digital: Kolaborasi Canva untuk Peningkatan Ekonomi Lokal. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 243-249.
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dyah Supriatin, Hima Barima, Juli Handayani, Agus Solehah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.