COOPERATIVE LEARNING TECHNIQUES SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DI YAYASAN AL-KAMILAH KOTA DEPOK
Keywords:
Cooperative Learning Technique, Bahasa Inggris, MatematikaAbstract
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia adalah pendidikan.Permasalahan ini sangat dirasakan pada masyarakat yang memiliki keterbatasan, baik keterbatasan pada bidang ekonomi karena kemiskinan keluarga yang berakibat pada ketidakmampuan memenuhi kebutuhan finasial yang dibutuhan oleh pendidikan maupun keterbatasan akses sarana pendidikan formal akibat tempat tinggal yang jauh dari pusat kota. Wilayah pedesaan dan pinggiran kota merupakan wilayah yang minim terhadap akses pendidikan, khususnya pendidikan menengah. Dampaknya, tidak sedikit masyarakat di kedua wilayah ini tidak mendapatkan akses pendidikan formal. Untuk memenuhi sebagian kecil kebutuhan ini, staf pengajar Universitas Pamulang mengangkat tema pelaksanaan Cooperative Learning Techniques sebagai metode pembelajaran Bahasa Inggris dan Matematika di Yayasan Al-Kamilah, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok yang mayoritasnya menerima pendidikan agama. Cooperative Learning Techniques digunakan sebagai metode pengajaran dan pembelajaran karena metode ini menerapkan kerjasama antar peserta didik yang diharapkan dapat memaksimalkan daya serap pada proses pembelajarannya. Dengan metode ini peserta didik juga merasakan kebersamaan dan dapat berbagi solusi dalam memecahkan soal-soal yang diberikan pengajar. Metode ini menjadi metode alternatif yang menawarkan kemudahan peserta didik dalam menyerap materi pelajaran.
Kata kunci: Cooperative Learning Techniques, Bahasa Inggris, Matematika Dasar