PELATIHAN PEMBUATAN CHANEL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENDIDIKAN DIGITAL PADA YAYASAN KUSUMA CAHAYA GEMILANG CIPONDOH TANGERANG

Authors

  • Enok Nurhasanah Universitas Pamulang
  • Fanni Erda Tasia Pamulang University
  • Wiwit Kurniawan Universitas Pamulang
  • Fiqoh Afriliani Universitas Pamulang
  • Soffi Soffiatun Universitas Pamulang

Keywords:

media pembelajaran, media kreatif, video, Youtube

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para guru dalam memanfaatkan teknologi khususnya dalam membuat channel YouTube. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mempraktekkan cara mengunggah video maupun mengedit video pada channel YouTube. Tempat Pengabdian ini adalah di Yayasan Cahaya Kususma Gemilang yakni pada guru-guru Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Butterfly Sweet Montessory dan guru-guru Lembaga Pendidikan Dasar Montessory di Cipondoh Tangerang. Permasalahan yang diangkat pada pengabdian ini adalah urgensi penyelenggara pendidikan inovatif dan berkualitas dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial. Solusi yang ditawarkan pada pengabdian ini adalah pembelajaran inovatif menggunakan youtube. Strategi pelaksanaan yang digunakan adalah menggunakan pelatihan pembuatan media kreatif berupa video yang diunggah di YouTube. Diharapkan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi khususnya dalam membuat channel YouTube, dapat memberikan pengetahuan kepada para guru bagaimana memanfaatkan media sosial seperti YouTube sebagai sarana promosi pendidikan digital, mempraktikkan mengunggah video maupun mengedit video pada channel YouTube, dan guru bisa mengimplementasikannya dalam sekolah maupun kehidupan sehari-hari.

References

Baskoro, Adi. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta : PT. Transmedia. Detik.com edisi 28 Agustus (2020). Diunduh tgl 13 November 2020.

Guntur, Talajan. (2012). Menumbuhkan Kreatifitas dan Prestasi Guru. Yogyakarta: Lasbang Pressindo.

Harian Kompas.com edisi 22 Juni 2020 hal. 3 di unduh pada tanggal 13 November 2020.

Kasmir. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Mukhtar, Iskandar. (2010). Desain Pembelajaran Berbasis Tekmnologi Informasi dan

Komunikasi. Jakarta: GaungPersada Press

Onno, W. Purbo. (2005). Buku Pegangan Internet Wireless and Hotspot. Jakarta: Elexmedia Komputindo.

Putra, L. D., &Ishartiwi, I. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 169-178.

Rossiter, John, R. & Percy. (1997). Advertising and Promotion Management, Mc Graw-Hill Book Company, United States of Amerika.

Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran Edisi II. Yogyakarta : Penerbit Andi. UU No. 23 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional.

Yogapratama, David. (2009). Menjadi Seleb Dalam 20 Menit Lewat Youtube. Yogyakarta: Mozarta Mediatama.

Published

05-07-2021

Issue

Section

Articles