PELATIHAN SOSIAL MEDIA MARKETING DI MASA PENDEMI COVID-19 BERSAMA YAYASAN MULIA KREATIF BERDAYA (MUTIARA)

Authors

  • Fajar Septian Universitas Pamulang
  • Ari Syaripudin Universitas Pamulang
  • Dimas Abison Punkastyo Universitas Pamulang
  • Heri Haerudin Universitas Pamulang
  • Joko Riyanto Universitas Pamulang

Keywords:

sosial media, digital marketing, internet, online, UMKM

Abstract

Sebagai dampak adanya pandemi virus Covid-19 di Indonesia, terutama di DKI Jakarta terjadinya pergeseran perilaku belanja pada masyarakat. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku koperasi dan UMKM di Jakarta. Sektor bisnis UMKM ini tidak boleh lagi terjebak pada pola-pola lama dalam mengembangkan usahanya. Sayangnya, dari survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM beberapa waktu lalu, sekitar 36% pemilik UMKM belum melek komputer dan internet, 12% pemilik UMKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis, dan hanya 6% saja pemilik UMKM yang sukses berbisnis online  . Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan yang ingin dicapai adalah membantu UMKM dalam mengidentifikasi dan merancang konten media sosial apa yang tepat untuk digunakan oleh pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Selain itu juga membantu UMKM dalam pemberian pelatihan tentang strategi pemasaran produk melalui media sosial di smartphone menggunakan platform WhatsApp for Business, Facebook, dan Instagram. Metode yang digunakan yaitu identifikasi konsumen UMKM, perancangan pemasaran produk, harga, distribusi, promosi, pembuatan konten sosial media whasapp, facebook dan instagram, pelatihan strategi pemasaran di sosial media whatsapp, facebook dan instagram. Media sosial yang digunakan untuk digital marketing tidak hanya tertumpu pada media sosial yang sengaja dibuat untuk UMKM, juga media sosial yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan dari UMKM tersebut. Sehingga pemasaran produk memiliki jangkauan yang lebih luas, dan dengan demikian penjualan produk dari UMKM juga meningkat. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui platform sosial media untuk pemasaran produk; Dapat merancang profile konsumen dan strategi pemasaran product, price, place dan promotion; Serta dapat membuat konten sosial media sebagai alat untuk melakukan pemasaran produk di sosial media.Sebagai dampak adanya pandemi virus Covid-19 di Indonesia, terutama di DKI Jakarta terjadinya pergeseran perilaku belanja pada masyarakat. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku koperasi dan UMKM di Jakarta. Sektor bisnis UMKM ini tidak boleh lagi terjebak pada pola-pola lama dalam mengembangkan usahanya. Sayangnya, dari survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM beberapa waktu lalu, sekitar 36% pemilik UMKM belum melek komputer dan internet, 12% pemilik UMKM menggunakan komputer dan internet untuk bisnis, dan hanya 6% saja pemilik UMKM yang sukses berbisnis online  . Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan yang ingin dicapai adalah membantu UMKM dalam mengidentifikasi dan merancang konten media sosial apa yang tepat untuk digunakan oleh pelaku UMKM dalam memasarkan produknya. Selain itu juga membantu UMKM dalam pemberian pelatihan tentang strategi pemasaran produk melalui media sosial di smartphone menggunakan platform WhatsApp for Business, Facebook, dan Instagram. Metode yang digunakan yaitu identifikasi konsumen UMKM, perancangan pemasaran produk, harga, distribusi, promosi, pembuatan konten sosial media whasapp, facebook dan instagram, pelatihan strategi pemasaran di sosial media whatsapp, facebook dan instagram. Media sosial yang digunakan untuk digital marketing tidak hanya tertumpu pada media sosial yang sengaja dibuat untuk UMKM, juga media sosial yang dimiliki oleh pegawai atau karyawan dari UMKM tersebut. Sehingga pemasaran produk memiliki jangkauan yang lebih luas, dan dengan demikian penjualan produk dari UMKM juga meningkat. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan  Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui platform sosial media untuk pemasaran produk; Dapat merancang profile konsumen dan strategi pemasaran product, price, place dan promotion; Serta dapat membuat konten sosial media sebagai alat untuk melakukan pemasaran produk di sosial media.

References

Ahidin, U. (2020, May 02). Marketing Strategi Di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from LPPM Universitas Pamulang: http://lppm.unpam.ac.id/2020/05/02/marketing-strategi-di-masa-pandemi-covid-19/

Farel, G., Thamrin, & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM Pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42-47.

Irawati, T. (2020, Juni 19). Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Retrieved from Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat: https://promkes.kemkes.go.id/menuju-adaptasi-kebiasaan-baru

Kantar. (2020, April 03). COVID-19: Asians Worried Sick About Financial Health. Retrieved from Kantar: https://www.kantar.com/inspiration/coronavirus/covid-19-asians-worried-sick-about-financial-health

Media Indonesia. (2020, April 17). KemenKopUKM Antisipasi Dampak Pandemi Covid-19. Retrieved from Media Indonesia: https://mediaindonesia.com/read/detail/304806-kemenkopukm-antisipasi-dampak-pandemi-covid-19

Muniroh, L., Yudhawati, D., & Hurriyaturrohman. (n.d.). Pelatihan Pemasaran Secara Online Pada UMKM Tas Di Bojong Rangkas Ciampea Kabupaten Bogor.

Suud, Y. (2020, Februari 20). Digital 2020: Pengguna Internet Indonesia dalam Angka. Retrieved from cyberthreat.id: https://cyberthreat.id/read/5387/Digital-2020-Pengguna-Internet-Indonesia-dalam-Angka

Tijaniyah. (2018). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid.

Wahyuni, S., Mudiar, W., & Aulia, A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi Pelaku IKM sebagai Upaya Peningkatan Layanan Penjualan Jabet Sop. Jurnal Mitra, 3(2), 195-203.

Wulandari, S. (2018). Pkm Umkm Go Sosial Media Marketing Pada Ud Ays Gresik Dan UMKM Sendy Leather Sidoarjo. Surabaya: Institut Bisnis Dan Informatika STIKOM Surabaya.

Yadewani, D., & Hamdi, K. (2016). Pelatihan Dan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Home Industri “Randang Awak Juoâ€. Prosiding Seri Ekonomi Konferensi Nasional PkM CSR ke-2 (pp. 146-156). Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

YouGov. (2020, Maret 2020). Informasi terbaru tentang tracker COVID-19 Internasional: 27 Maret. Retrieved from YouGov: https://id.yougov.com/id/news/2020/04/06/informasi-terbaru-tentang-tracker-covid-19-interna/

Published

27-07-2021

Issue

Section

Articles