PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT KARANG TARUNA DI MASA PANDEMI MANDIRI – TEGAL ALUR

Authors

  • Mohamad Eko Saifudin
  • Haitomy Haitomy
  • Nurbayu Nurbayu

Keywords:

Teknologi, Desain Grafis, Karang Taruna, Masyarakat

Abstract

desain grafis adalah kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetis untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan teks, namun justru cenderung lebih banyak menggunakan unsur visual, desain grafis terus berkembang mengikuti siklus masa, karena bidang ini adalah salah satu bidang studi yang paling cepat dalam beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Jenis produk yang dihasilkannya juga semakin beragam, tidak hanya terbatas pada media cetak, dengan adanya teknologi informasi disain grafis ini bisa meningkatkan ekonomi dan bisa memulai usaha ,pada masa pandemi ini ekonomi sangat lemah,Dalam Penggunaan Disain grafis ini banyak masyrakat yang masih kurang ilmu pengetahuannya, tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada msyarakat ini adalah untuk membantu meningkatkan Ekonomi Masyarakat Dimasa pandemi, Dengan mengajak anggota remaja “ Karang Taruna†, Secara Khusus Tujuan kegiatan pengabidan kepada masyarakat yang materi tersebut berisi tentang apa itu dalam memanfaatkan sarana disain grafis,serta membantu meningkatkan ilmu pengetahuan tentang disain grafis,Untuk bisa meningkatkan ekonomi dimasa pandemi ini dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari

 

References

Anonim. (2019). Ekonomi Kreatif: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Perkembangannya. Maxmanroe.com. https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/ekonomi-kreatif.html

Kasali, Rhenald. 1995Manajemen Periklanan. Jakarta: PAU-Ekonomi- UI. Sihombing, Danton. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis, Jakarta: Graffiti Press

Surya, GG. Rochyat, IG. 2014. Pelatihan Aplikasi Komputer Desain (Adobe Photoshop Dan Autocad) Untuk Bisnis Industri Kreatif. Jurnal Abdimas Volume 1 Nomor 1, September 2014.

Danuri. 2019. “Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital.â€Online. http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/download/178/155

Azhari, W., Purwanto, P., Rifa’i, F., & Pudail, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Desain Grafis di Balai Latihan Kerja Komunitas Pesantren Pada Masa Pandemi COVID-19. LOGISTA - Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 487–493. https://doi.org/10.25077/logista.4.2.487- 493.2020

Mulyawati, I., & Pradita, S. M. (2018). Pelatihan Sablon bagi Karang Taruna dalam Menciptakan Peluang Bisnis. Jurnal SOLMA, 7(2), 299–308. https://doi.org/https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1726

Yahya, F., Fitriyanto, S., Hermansyah, Syarifuddin, & Musahrain. (2020). Pelatihan Desain Grafis Untuk Kelompok Pemuda Kreatif Desa Gontar Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa. In Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 2). https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1858

Published

2022-05-01

Issue

Section

Articles