PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH DI DESA BOJONGLELES
Keywords:
pendampingan, media pembelajaran, powtoonAbstract
Tujuan pendampingan ini untuk mengenalkan aplikasi Powtoon kepada para siswa sekolah menengah agar bisa membuat media pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 tahapan, yaitu tahap pertama observasi & wawancara tahap kedua sosialisasi dan tahap ketiga pelatihan. Adapun kegiatan pendampingan ini yang menjadi subjek adalah siswa sekolah menengah di desa bojongleles. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan melalui latihan praktik (drill practice). Metode ceramah digunakan sebagai usaha memperkenalkan aplikasi powtoon kepada siswa dan kemudian dilakukan metode drill sebagai bentuk aplikasi pemahaman peserta pendampingan. hasil pendampingan menujukan peserta mengatakan bahwa dalam pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi Powtoon ini lebih mudah dilakukan dan lebih menarik dibandingkan menggunakan microsoft powerpoint karena terdapat banyak ikon-ikon dan fitur yang tersediaReferences
Penulis Tunggal :
Djamarah, S. B. (2014). Aswan. Strategi Belajar Mengajar.
Duludu, U. A. (2017). Buku ajar kurikulum bahan dan media pembelajaran pls. Deepublish.
Pengarang Bersama
Usman, M. B., & Asnawir, H. (2002). Media pembelajaran. Ciputat Pers.
Artikel dalam Jurnal
Juanda, J., Irfan, I., & Nurdiana, N. (2011). PEGARUH METODE DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP MUTU MOL (MIKROORGANISME LOKAL). Jurnal Floratek, 6(2), 140-143.
Sukiyanto, S., & Maulidah, T. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Guru dan Karyawan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 127-142.
Kholilurrohmi, I. (2017). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Powtoon Pada Mata Pembelajaran Kimia Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Semeseter 1 SMAN 1 Plere. Universitas Negeri Makassar.