PENINGKATAN KUALITAS GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SMK TRIGUNA 1956
Keywords:
video pembelajaran, guru, power point,Abstract
Salah satu bentuk perubahan pada dunia pendidikan dimasa pandemi Covid-19 adalah dengan diterapkanya pembelajaran jarak jauh melalui jaringan (daring). Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Triguna 1956 ikut serta menyukseskan pola pembelajaran dari rumah. Target yang ingin dicapai pada kegiatan ini adalah meningkatnya kreatifitas dan kompetensi guru dalam membuat dan menimplementasikan media video pembelajaran sehingga pembelajaran di sekolah akan lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa. Pada kegiatan ini menggunakan metode pelatihan dan tanya jawab secara daring. Kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi dan pengetahuan guru tentang perlunya adanya inovasi terkait media pembelajaran serta perkembangan jenis media pembelajaran yang selaras dengan perkembangan teknologi saat ini. Kegiatan ini juga telah mampu meningkatkan kemampuan guru dalam mengoperasikan komputer dan membuat video pembelajaran mengguanakn apliaksi powerpoint untuk meningkatan kualitas proses kegiatan belajar mengajar.
References
Musfiqon, M. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran / M. Musfiqon. Prestasi Pustaka Publishers.
Munawar. 2016. “Pelatihan Penggunaan Power Point Untuk Membuat Presentasi Yang Menarik Jurnal Abdimas Volume 2 Nomor 2.†Pelatihan Penggunaan Power Point Untuk Membuat Presentasi Yang Menarik 2: 43.
Palencia, J. 1967. “PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN DI TK ABA KANDANG PANJANG PEKALONGAN.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2(1): 5–48.
Sohibun, Sohibun, and Filza Yulina Ade. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive.†Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 2(2): 121.
Wulandari, Retno, Burhannudin Ichsan, and Yusuf Alam Romadhon. 2017. “Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang.†Biomedika 8(1): 47–53.