PENGENALAN COMPUTER VISION DALAM PENYAMPAIAN MATA PELAJARAN

Authors

Keywords:

Computer Vision, Pembelajaran, Teknologi AR

Abstract

SMP 242 jakarta ini merupakan sekolah negeri yang memiliki banyak prestasi. Dalam penyampaian mata pelajaran sekarang ini menggunakan alat bantu seperti infocus, alat peraga, dll. Untuk saat ini belum adanya alat bantu computer vision dalam penyampaian mata pelajaran. Dalam penyampaian pelajaran terkait penyelengggaraan tatap muka diharuskan menarik yang di terima oleh siswa/siswi smp 242 jakarta. Para siswa dan siswi sebagai penerima materi pelajaran perlu mendapatkan pengalaman visualisasi dan teknologi penyampaian mata pelajaran. Kegiatan pkm ini berupa edukasi dalam bentuk penyuluhan dan penenalan computer vision dalam penyelenggaraan tatap muka yang membuat siswa dan siswi lebih suka dan mengenal teknologi dari computer vision itu sendiri. Sasaran edukasi yaitu kepada guru-guru smp 242 jakarta. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan pengetahuan guru-guru terkait computer vision yang dapat digunakan dalam penyampaian materi pelajaran. Pemberian edukasi dapat meningkatkan tingkat pengetahuan guru-guru secara statistik. Hasil kegiatan ini menunjukan adanya sikap yang positif pada guru dan penyampaian materi pelajaran dan setelah dilakukan edukasi belum adanya perubahan dalam bidang penyampaian materi.

Author Biographies

Fitri Yanti, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

Jaka Sutresna, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

Yolen Perdana Sari, Universitas Pamulang

Program Studi Teknik Informatika

References

Adami, F. Z., & Budihartanti, C. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android. Teknik Komputer AMIK BSI.

Arief, U. M., Wibawanto, H., & Nastiti, A. L. (2019). Membuat Game Augmented Reality (AR) dengan Unity 3D (I, Vol. 1). Andi.

Endah Wulansari, O. D., Zaini, T., & Bahri, B. (2013). PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN. Jurnal Informatika Darmajaya.

Joefrie, Y. Y., & Anshori, Y. (2011). TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. Majalah Ilmiah Mektek, 13(3), 194–203.

Maulani, A., Yanti, F., & Sagantha, F. (2020). PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELATIHAN MAPLE DAN MATHEMATICS DI SMP IT BINA ADZKIA. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 1(3), 47–55.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).

Siregar, N. C., & Marsigit, M. (2015). PENGARUH PENDEKATAN DISCOVERY YANG MENEKANKAN ASPEK ANALOGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR, KEMAMPUAN PENALARAN, KECERDASAN EMOSIONAL SPIRITUAL. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336

Sutresna, J., Yanti, F., & Safitri, A. E. (2020). Media Pembelajaran Matematika Pada Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. JUSTIN : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 08(4), 424–429. https://doi.org/10.26418/justin.v8i4.

Suyudi, M. Y., Yanti, F., & Sutresna, J. (2021). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Organ Dalam Tubuh Manusia Berbasis Android. JOAIIA: Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, 2(1), 10–18.

Yanti, F., Sutresna, J., Fansyuri, M., & Sari, Y. P. (2020). PELATIHAN E-COMMERCE DENGAN APLIKASI CAROUSELL PADA GURU PESANTREN ASSA’ADAH PURI SERPONG. JAMAIKA : Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 33–41.

Yanti, F., Sutresna, J., & Sari, Y. P. (2021). PENGENALAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA PARA GURU SD NEGERI RAWAKALONG 05. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(3), 32–41.

Yuliono, T., Sarwanto, S., & Rintayati, P. (2018). Keefektifan Media Pemelajaran Augmented Reality terhadap Penguasaan Konsep Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar.

Published

2022-07-27

Issue

Section

Articles