Implementasi Moodle sebagai Media Pembelajaran Daring Sekolah Tinggi Teknologi Informasi NIIT

Authors

  • Fajar Septian Universitas Pamulang
  • Heri Haerudin Universitas Pamulang
  • Joko Riyanto Universitas Pamulang

Keywords:

Learning Management System, Moodle, Pembelajaran, Daring

Abstract

Upaya penanggulangan Covid-19 yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menekan angka pertumbuhan penularan dan penyebaran virus Covid-19 dengan mengeluarkan kebijakan bekerja, beribadah dan belajar dari rumah. Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah tersebut, Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Informasi (STTI) NIIT memutuskan untuk menyelengarakan perkuliahan yang semula dilakukan secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran daring. Demi menjaga kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara daring STTI NIIT perlu mengembangkan Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran daring. Moodle merupakan platform LMS yang bersifat open source dan telah banyak digunakan di beberapa perguruan tinggi. Moodle dapat digunakan sebagai media pembelajaran daring secara Asynchronous LearningmaupunSynchronous Learning yang dipadukan dengan Platform Google Meet untuk tatap maya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang kami lakukan adalah membantu pihak STTI NIIT dalam mengimplementasikan LMS Moodle sebagai media pembalajaran daring. Hasil kegiatan PkM ini adalah berupa Web LMS STTI NIIT dengan alamat URL spada.i-tech.ac.id. Dengan adanya web LMS tersebut kegiatan pembelajaran secara daring di STTI NIIT dapat berjalan dengan baik. Tingkat partisipasi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan perkuliahan secara tatap maya terjadi peningkatan.

References

Fendy, P. Y. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle untuk Peserta Kursus di Swift English School Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Muslimah, T., & Fauziah, A. M. (2021, Juli). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 234-241.

Natasia, C., & Puspasari, D. (2020, April). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 169-179.

Nizam, & Junaidi, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Pratama, F., Safitri, A. E., Damayanti, D., Savitri, & Nurhasanah. (2021, Juni). Implementasi Moodle V.3.9 Dan Zoom Sebagai Platform Pembelajaran Daring Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Saint Mary. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 71-80.

Sara, K., Witi, F. L., & Mude, A. (2020, Desember). Implementasi E-Learning Berbasis Moodle Di Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 181-189.

Sari, I. N., & Exacta, A. P. (2021, Desember). Implementasi Moodle Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 233-240.

Published

2022-10-28

Issue

Section

Articles