PELATIHAN E-COMMERCE DENGAN APLIKASI CAROUSELL PADA GURU PESANTREN ASSA’ADAH PURI SERPONG
Abstract
Perkembangan Teknologi Informasi memberi dampak yang besar dalam berbagai bidang kehidupan paramanusia, tak terkecuali bagi para guru pesantren sebagai pendidik santri. Teknologi tidak hanya
digunakan sebagai sarana pendukung dalam transfer ilmu kepada santri, tapi juga dapat digunakan dalam
bidang ekonomi perdagangan dalam meningkatkan minat kewirausahaan para guru dan santri. Sebelum
mengenal Teknologi Informasi, manusia melakukan kegiatan jual beli secara langsung dengan tatap muka
antara penjual dan pembeli, yang terbatas tempat serta waktu. Carousell merupakan aplikasi jual beli yang
transaksinya dapat dilakukan secara online, sehingga dalam melakukan transaksi jual beli, para guru dapat
melakukannya di mana saja dan bahkan para guru yang memiliki banyak waktu luang, dapat
menggunakan aplikasi ini agar bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari hasil transaksi jual beli
barang bekas yang masih layak pakai atau barang baru sebagai penghasiilan tambahan. Luaran yang
diharapkan dari Pengabdian Kepada masyararkat ini adalah agar masyarakat luas dalam kasus ini para
guru pesantren dapat memanfaatkan teknologi dalam memasarkan dagangannya sehingga dapat
meningkatkan keuntungan dari penjual dan pembeli dengan biaya relatif murah serta meningkatkan
efektivitas waktu dan tempat yang terbatas. Selain itu diharapkan dapat memupuk dan mengembangkan
jiwa kewirausahaan para guru, yang ke depannya bisa dilanjutkan kepada para santri.
References
Dewi, K. (2014). Pengenalan Komputer Pada Bidang Sistem Informasi.
Gomes, F. C. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sistem Manajemen.
Indrajit,R.E. (2012). Elektronic Commerce Strategi Dan Konsep Bisnis Di Dunia Maya.
APTIKOM.
Jackson, R. S. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Manajemen Sumber Daya
Manusia. Jakarta: Erlangga.
Kusuma,D.C.(2017). Menjadi Kaya Di Bisnis E-Commerce. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Noegroho, Agoeng. (2010). Teknologi Komunikasi . Yogyakarta: Graha Ilmu.
Renggasari, S. (2019, Oktober 10). Pemakaian dan Perkembangan E-Commerce. Retrieved
from Universitas Pasundan: http://www.unpas.ac.id/pemakaian-dan-perkembangan-ecommerce
Hidayat, Taufik. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce, Jakarta:
Mediakita.
Laudon, Kenneth C, dkk. (2007). Sistem Informasi Manajemen Edisi 10 Buku 2, Jakarta:
Salemba Empat.
Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan pada e-commerce Perusahaan Top Dunia,
Yogyakarta: Andi.
Wong, Jony. (2010). Internet Marketing for Beginners, Jakarta: Elex Media Komputindo.
Varmaat, Shelly Cashman. (2007). Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer
Fundamental Edisi 3, Jakarta: Salemba Infotek.