PELATIHAN COOPERATIVE LEARNING BAGI GURU-GURU SMK MUHAMMADIYAH 2 TANGERANG SELATAN

Authors

  • Pari Purnaningsih Universitas Pamulang
  • Darmawati Darmawati Universitas Pamulang
  • Nur Najibah Sukmawati Universitas Pamulang
  • Resti Isnaeni Universitas Pamulang
  • Afrianti Wulandari Universitas Pamulang

Abstract

SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan menuntut guru- guru untuk selalu dapat mengikuti pelatihan
pengajaran agar para guru senantiasa dapat mengembangkan kemampuan masing-masing individu dalam
menyampikan mata pelajaran. Keterbatasan waktu dan jarangnya ada pelatihan guru yang dapat mereka
jangkau dengan mudah membuat mereka jarang mengikuti pelatihan. Untuk mengatasi permasalahan
tersebut maka kami tim dosen Universitas Pamulang dalam rangka melakukan tri dharma perguruan
tinggi yaitu salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, menawarkan diri untuk hadir
memberikan wawasan yang berbeda tentang Cooperative Learning. Kegiatan pengabdian kepada
masyarakat berupa Pelatihan Cooperative Learning untuk Guru – Guru SMK Muhammadiyah 2
Tangerang Selatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan
pembelajaran guru. Kemampuan mengembangkan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi
siswa untuk belajar terutama dalam bekerja kelompok dan saling bertukar pikiran untuk memecahkan
masalah bersama. Khalayak sasaran dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru-guru
SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan yang berjumlah 31 orang. Pelatihan Cooperative Learning
untuk Guru-Guru SMK Muhammadiyah 2 Tangerang Selatan dilakukan dengan metode ceramah,
demonstrasi dan latihan yang disertai tanya jawab. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan konsep
pengantar dan teori media pembelajaran. Metode demonstrasi digunakan untuk menunujukkan tahapan
pembelajaran menggunakan model Cooperative Learning. Sedangkan metode latihan digunakan untuk
mempraktikkan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning. Dan tanya jawab
dilakukan untuk memberi kesempatan peserta pelatihan berkonsultasi dalam mengatasi kendala yang
dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran tersebut.

References

Hasan, S. Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial (buku I). Bandung: Jurusan Sejarah FIPS

IKIP Bandung.

Joyce, Bruce & Marsha Weil. (1992). Models of Teaching. USA: Allyn and Bacon.

Kemp, J.E, dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Intructional Media.†Dalam

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers, hal. 132- 133,

,224.

Rusman, (2016) Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Rusman, (2017) Belajar

dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Rusman. 2010. Model Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers, hal. 132- 133, 201,224.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, Entin, Raharjo.2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajarn IPS. Jakarta :

Bumi Aksara.

Sumardi, HB. 2009. Hasil Penelitian Cooperative Learning. UNY: Yogyakarta.

Downloads

Published

21-02-2020

Issue

Section

Articles