PEMBELAJARAN MULTIMEDIA (STUDI KASUS : SMK INDONESIA GLOBAL)
Abstract
KMultimedia Interaktif adalah suatu media yang terdiri dari banyak komponen atau media yang terhubung
satu sama lain dan mampu berinteraksi. Pengajaran media dalam bentuk multimedia interaktif memiliki
kemampuan untuk menyimpan audio visual data, membuat multimedia interaktif khususnya interaktif
pembelajaran sebagai pendukung metode pembelajaran konvensional yang dulu disampaikan melalui
buku dan penjelasan langsung tanpa contoh dianggap kurang mudah dicerna oleh anak-anak, sehingga
diharapkan pemanfaatan media interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dapat
menjelaskan bahwa media pembelajaran interaktif mampu memberikan informasi dengan lebih menarik
dan menyenangkan dari pada harus mendengarkan materi yang diberikan oleh pendidik.
Sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
(LPPM) Universitas Pamulang, perlu dilaksanakan kegiatan penelitian yang disesuaikan dengan sumber
daya tenaga pengajar. Pengabdian masyarakat dilakukan sebagai layanan terhadap masyarakat berupa
penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memberikan sumbangan dan kemajuan terhadap
masyarakat. ( Noris S, 2014).Pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh beberapa dosen untuk
mengaplikasikan ilmunya berupa Pengenalan Internet, dampak positif dan negatif dari Internet,
Penggunaan Software Pembelajaran, dan Penggunaan Digital pada dunia pendidikan studi kasus “SMK
INDONESIA GLOBAL†Serua Depok
References
Vaughan, T, Multimedia: “Making It Work, Sixth Edition Appletonâ€: McGraw-Hill Companies,
inc , 2004, ch. 1, pp. 5–15
Marshall, D, “Introduction to Multimediaâ€, Retrieved 7 12, 2009, from www.cs.cf.ac.uk:
http://www.cs.cf.ac.uk/Dave/Multimedia/node1.html .2001, 7, 12
Jenkinson, J, “Measuring the Effectiveness of Educational Techologyâ€, Electronic Journal of eLearning Volume 7 Issue 3 , 273. 2009.
Binanto, I, “Multimedia Digital: Dasar Teori dan Pengembangannyaâ€, Yogyakarta: Penerbit
Andi, 2010, pp – 2 – 18.
Eleanor L. Criswell (1989), Design of Computer-Based Instruction, Macmillan Pub Co, 1989