PENINGKATAN KESEJAHTERAAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) MELALUI E-COMMERCE DAN PROMOSI JEJARING SOSIAL MEDIA (Studi Kasus: Kelurahan Gunung Sindur Kabupaten Bogor)
Abstract
Dalam era digital, pengguna Internet untuk perdagangan yang semakin bertambah, sehingga mendorongmunculnya bisnis baru sebagai start up. Bisnis tersebut bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa yang
memenuhi kebutuhan sehari-hari, mayoritas dari mereka bergerak di bidang online. Pemanfaatan
teknologi pada bidang pemasaran yang mengubah cara cara konvensional ke arah e-commerce.
Keterbatasan latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang dimiliki oleh sebagian penduduk,
membuat para Usaha Kecil Menengah (UKM) mengalami kesulitan dalam memasarkan produk mereka.
Selama ini, pemasaran produk kerajinan tangan dan olahan kebun, hanya melalui pasar tradisional atau
menitipkan ke warung atau promosi dari mulut ke mulut. Cara konvensional itu membuat penghasilan
kurang meningkat. Usaha Kecil Menengah (UKM) akan tergerus oleh perkembangan zaman yang sudah
menggunakan teknologi informasi. Melihat situasi seperti itu, untuk mengarahkan Usaha Kecil Menengah
(UKM) agar dapat meningkatkan penghasilan, perlu diadakan pelatihan pemanfaatan e-commerce sebagai
solusi alternatif dalam inovasi pemasaran dengan tujuan untuk menjaring potensi pasar yang lebih besar.
Kata Kunci: E-Commerce; UKM; Sosial Media
References
Agung Wahana, Irvan Purliansyah. 2012, “Pembangunan E-Commerce (Penjualan ONLINE
pada Turpez Shopâ€, (Vol.6 No. 1), Universitas Islam Negri Bandung.
Agustin, Eva M.S. 2007. “Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet untuk Pemasaran Produk
Usaha Kecil Menengah,†in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI),
Yogyakarta
AZ Ekaputra, Agus. 2003. Rekayasa ulang proses bisnis terhadap usaha kecil menengah
(studi kasus pada PT. X). Masters thesis, BINUS
Diana Laily Fitri, Andy Prasetyo Utomo, Fajar Nugraha. 2017. “Pemanfaatan E-Commerce
Populer untuk Optimalisasi Pemasaran Produk pada Bordir Kurnia Kudus (KUB).
(Vol.8), Universitas Muria Kudus.
Fauyhi Eko Nugroho. 2016. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan ONLINE (Studi Kasus
TOKOKU), (Vol. 7; No.2), Universitas Muhamadiyah Tangerang.
Firdayanti Restika. 2012. “Persepsi Resiko Melakukan E-Commerce dengan Kepercayaan
Konsumen dalam Membeli Produk Fashion Onlineâ€, Journal of Social and Industrial
Psychology.
Hani Atun Mumtahana, Sekreningsih Nita, Adzinta Winerawan Tito. 2014. “Pemanfaatan WE
E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaranâ€,
http://journals.ums.ac.id/index.php/khif/article/view/3309
Harisno, Tri pujadi “E-Business dan E-Commerce sebagai Trend Taktik Baru Perusahaanâ€.
Pusat informasi agribisnis kementrian pertanian.
Ika Puspita Karyati. 2019. Staf Pusdiklat Keuangan Umum BPPK Kemenkeu, E-Commerce
Dukung UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi: http://www.neraca.co.id/article/122082/ecommerce-dukung-umkm-dan-pertumbuhan-ekonomi
Rudy, Retno Wahyudiarti, Victorano Megaputri, Ratih Wahardani. 2008. “Analisis dan
Perancangan E-Commerce (Studi Kasus Roemah Soetra Batik dan Bordir). (Vol.1 No.
, Seminar Nasional Informatika.
Shabur miftah maulana. “Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan On-Line (Studi
Kasus pada Toko Pastbrik Kota Malang). UNBRAW.
Yandra Arkeman, Ono Suparno, Citra Wanurmaharayu. 2013. “Rancang Bangun Sistem Bisnis
Berbasis Internet (E-Business) untuk Agroindustri Kulit Samak (Leather). (Vol. 23 No.