PENGUATAN MANAJEMEN USAHA DAN PEMASARAN BAGI ANAK DIDIK PENGRAJIN PRODUK GREENPRENEUR DI LPKA KELAS I PALEMBANG
Abstract
Mitra dalam penelitian ini adalah LPKA Kelas I Palembang. Sejumlah masalah prioritas yang dihadapi olehMitra dapat diidentifikasi termasuk:a). Masih ada kurangnya pengetahuan tentang manajemen bisnis jika siswa
menghasilkan atau menjual suatu produk, terutama bagaimana menghitung biaya produksi (termasuk harga
pokok penjualan dan harga jual) dan menghitung laba/rugi penjualan, b). Masih ada kekurangan pengetahuan
tentang strategi pemasaran dan penggunaan media pemasaran sebagai ketentuan kewirausahaan bagi siswa jika
mereka kembali ke masyarakat. PKMS ini memperkenalkan konsep dan praktik greenpreneur untuk siswa
LPKA. Beberapa solusi yang ditawarkan oleh tim PKMS kepada mitra adalah: a). Memberikan pelatihan
manajemen bisnis dalam perhitungan biaya produksi dan perhitungan untung rugi bisnis, b). Memberikan
pelatihan dalam penerapan strategi pemasaran dan penggunaan media pemasaran . Sedangkan target output
PKMS adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam perhitungan biaya produksi dan perhitungan
untung/rugi. Hasil PKMS telah mampu memberikan kemampuan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan
teknologi sebesar 78% dan meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian siswa dengan keterampilan khusus
yang dimiliki dan semangat kewirausahaan di bidang Greenpreneur sebesar 64%
References
Astuti, Windi, and Murwatiningsih. 2016. “Pengaruh Kemampuan Manajemen Dan Karakteristik
Usaha Terhadap Kinerja Usaha Ukm Olahan Produk Salak Di Kabupaten Banjarnegara.â€
Management Analysis Journa 5(2).
Chen, Y.S. 2010. “The Drivers of Green Brand Equity: Green Brand Image, Green Satisfaction,
Andgreen Trust.†Journal of Business Ethics 93(2): 307–319.
David, F.R. 2006. Manajemen Strategis (Terjemahan). 10th ed. Jakarta: PT. Indeks.
Dwyer, R.J. 2009. “Keen to Be Green Organizations: A Focused Rules Approach to Accountability.â€
Management Decision 47(7): 1200–1216.
Febrianty, and Divianto. 2020. “BUSINESS OWNER’S PERSPECTIVE ON STRATEGIC
EXECUTION, TECHNOLOGICALTRANSFORMATION,
COMPETITIVENESSPOTENTIAL, AND SERVICESLEVELON THE IMPLEMENTATION
OF STRATEGICIT ALIGNMENT.†Humanities & Social Sciences Reviews 8(1): 567–85.
https://giapjournals.com/hssr/article/view/hssr.2020.8169_1/2769.
Febrianty, and Fatmariani. 2019. Geliat Greenpreneur (Wirausaha Ramah Lingkungan). Pekalongan:
PT NEM.
Lee, K.H. 2009. “Why and How to Adopt Green Management into Business Organizations?: The
Case Study of Korean SMEs in Manufacturing Industry.†Management Decision 47(7): 1101–
Umar, Husein. 2003. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.