PENDALAMAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR SECARA NON FORMAL DI TANJAKAN BANTEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan buku laporan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 162 Hahslm Mandalikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2019. Metodologi yang dipergunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis dengan melakukan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa survey, observasi dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran kondisi pendidikan khusus nya pendidikan formal di sekolah dasar yang ada di desa Tanjakan, Rajeg dengan mengamati kesadaran siswa sekolah dasar akan pentingnya belajar diluar sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kesadaran siswa sekolah dasar di desa Tanjakan akan pentingnya belajar diluar pendidikan formal dapat dikatakan masih sangat kurang. Salah satu faktor nya adalah karena anak-anak seusia sekolah dasar pada umumnya merasa cukup ketika sudah melakukan kegiatan belajar di sekolah dan di usianya mereka cenderung lebih suka bermain bersama dengan teman sebayanya. Adapun faktor lainnya yaitu di usianya yang masih tergolong dini, rasa atau kebutuhannya akan pentingnya belajar diluar pendidikan formal sebagai kewajiban seorang pelajar kurang tertanam kuat dalam diri mereka, dengan demikian, anak-anak tersebut membutuhkan solusi dalam penanaman karakter yang membangun kesadarannya akan pentingnya belajar diluar penididikan formal.