PEMANFAATAN APLIKASI KEUANGAN SI APIK DALAM PEMBUATAN LAPORAN KEUANGAN UMKM RUMAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TANGERANG SELATAN

Authors

  • Raden Ai Lutfi Hidayat Universitas Pamulang
  • Juitania Juitania
  • Suharna Suharna
  • I Gede Adi Indrawan
  • Andri Syahputra

Keywords:

Usaha Mikro Kecil Menengah-Aplikasi SI APIK-Laporan Keuangan

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bekerjasama dengan Rumah Pemberdayaan Masyarakat (RPM) Institute Tangerang Selatan. RPM menggolongkan UMKM berdasarkan lamanya usaha perdagangan dan minimal omset. Untuk jenis usaha perdagangan dengan kategori minimal usaha 2 tahun dengan omset minimal lima juta dalam satu bulan digolongkan kategori UMKM ScaleUp. Kategori UMKM harus benar-benar bersaing tidak hanya dari segi pemasaran, tetapi juga kesiapan pengelolaan keuangannya. Lemahnya kesadaran akan pentinnya disiplin pembukuan atau pengelolaan keuangan masih menjadi hal yang serius di lingkungan para pelaku UMKM Tangerang Selatan. Padatnya aktivitas produksi dan pemasaran serta kurangnya informasi mengenai tata kelola keuangan yang baik dan sesuai standar yang berlaku (SAK-EMKM), menjadikan pelaku UMKM mengabaikan pencatatan atas transaksi ekonominya. Perlu adanya penyuluhan dan pendampingan mengenai standar keuangan yang berlaku bagi UMKM (SAK-EMKM) serta cara termudahnya dalam membantu pengelolaan keuangan baik secara manual maupun digital.

Tujuan dari PKM ini adalah untuk membatu para pelaku UMKM dalam membuat laporan keuangan dengan memanfaatkan aplikasi digital SI APIK, sehingga pembuatan laporan keuangan bisa di buat dengan mudah. Medote pelaksanaan kegiatan berbasis Kelompok yang dilakukan secara komprehensif yang terkait standar UMKM yang berlaku dan memberikan pelatihan dalam pembuatan laporan keuangan dengan memanfaatkan aplikasi SI APIK. Hasil PKM dari 20 peserta UMKM yang registrasi ulang, sebanyak 18 peserta yang tepat dan disiplin dalam melakukan pembukuan menggunakan aplikasi SI APIK selama jangka waktu 3 bulan. Diharapkan PKM ini dapat bermanfaat untuk berbagai pihak diantaranya pelaku UMKM itu sendiri, Bank Indonesia, Ikatan Akuntan Indonesia, Pemerintah dan bagi akademisi.

Author Biography

Raden Ai Lutfi Hidayat, Universitas Pamulang

Universitas Pamulang, Fakultas Ekonomi, Program Studi Sarjana Akuntansi

References

Exposure Draft Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM). 2016. IAI: Jakarta Selatan.

Pedoman Teknis Pencatatan Transaksi Keuangan Usaha Kecil Badan Usaha Bukan Badan Hukum Sektor Perdagangan. 2015. Bank Indonesia: Jakarta

RPIJM (Rencana Program Investasi Jangka Menengah) Bidang Cipta Karya Tahun 2019-2023. 2019. Tangerang Selatan. Bab 2.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah (SAK-EMKM). 2018. IAI: Menteng. Jakarta Selatan.

Purwantini, Anissa & Anisa, Friztina. (2018). Analisis Pemanfaatan Social Commerce bagi UMKM: Anteseden dan Konsekuen. Kompartemen: Jurnal Ilmiah Akuntansi.

Van der Veen, Marijke & Teeffelen, Lex & Ibrahimovic, Alija & Lentz, Martijn. (2015). SME Financing Needs.

Pyatanova, Victoria & Pyatanov, I.. (2020). Responsible finance: application and challenges for society, governments and corporations.

Undzir, Ahmad & Marlina, Lina. (2019). Financial Literacy Education through the Si Apik Application at the Santanamekar Village Community in Tasikmalaya [Edukasi Literasi Finansial melalui Aplikasi Si Apik pada Masyarakat Desa Santanamekar Tasikmalaya]. Proceeding of Community Development.

Saputra, Jeffri & Anwar, Toni. (2019). Pelatihan pencatatan keuangan bisnis berbasis mobile pada anggota Koperasi pengusaha purbalingga.

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles