PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELATIHAN MAPLE DAN MATHEMATICA DI SMP IT BINA ADZKIA
Keywords:
Matematika, Software, Maple, Pelatihan, Classroom.Abstract
Seiring berkembangnya terknologi, pendidikan dibantu menggunakan software. Penguasaan terhadap bidang ilmu dan teknologi khususnya software di era globalisasi sangat diperlukan oleh siswa/i, supaya siswa/i mampu meningkatkan kreativitas, mengembangkan, dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Software matematika dapat membantu siswa/i dalam mengaplikasikan simbol, grafik serta menyelesaikan perhitungan matematika secara tepat dan teliti. Kenyataannya, siswa/i masih banyak menghitung secara manual dalam menyelesaikan persoalan matematika, padahal sudah banyak software matematika yang bisa diaplikasikan dalam menyelesaian persoalan matematika secara akurat, cepat dan tepat. Oleh sebab itu diadakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan software Maple 13 pada mata pelajaran matematika pada siswa/i tingkat SMP khususnya siswa/i kelas VII di SMP IT Bina Adzkia. SMP IT Bina Adzkia merupakan salah satu sekolah yang telah memanfaatkan e-learning sebagai media pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 (April – Juni 2020). Kegiatan pembelajaran menggunakan media e-learning di sekolah tersebut memanfaatkan aplikasi Google Classroom. Oleh sebab itu pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan secara on-line menggunakan aplikasi yang sama. Kegiatan pengabdian masyarakat secara umum berhasil memberikan pengetahuan dalam informasi penggunaan software Maple 13 serta prosedur didalamnya melalui 10 contoh soal penjumlahan/pengurangan dan pencarian FPB dan KPK.References
Candiasa, I. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Komputer. Singaraja: Unit Penerbit IKIP N Singaraja.
Hatten, K., & Rosenthal, S. (2001). Reaching for the Knowledge Edge. New York: Amrican Managemen Association.
Hidayati, T. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SUPLEMEN HISTORY OF MATHEMATICS. Pena Persada.
Ikasari, I. H., Hidayati, T., Handayani, I., Wulandari, D., & Noviana, W. (2020). PELATIHAN EDMODO UNTUK PROSES PEMBELAJARAN LEBIH INTERAKTIF DAN TERORGANISIR BAGI SMP KEBANGSAAN PONDOK AREN. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Marjuni, A. (2007). Media Pembelajaran Matematika dengan Maple. Yogyakarta: Graha.
NCTM. (2001). Principle and Standards for School Mathematics. Reston VA: The National Council of Teacher of Mathematics.
Riana, F. (2007). Proses Belajar Mengajar Dengan Metode e-learning. Retrieved from media.diknas.go.id: http://media.diknas.go.id/media/document/4372.pdf