PELATIHAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL BAGI GURU DI YAYASAN WIYATA MANDALA MUSLIMIN INDONESIA

Authors

  • Fitra Jaya Universitas Pamulang
  • Badrus Sholeh Universitas Pamulang
  • Nasmal Hamda Universitas Pamulang
  • Enok Nurhasanah Universitas Pamulang
  • Syamsul Anwar Universitas Pamulang

Keywords:

pelatihan, powerpoint, android, media interaktif

Abstract

Dari  segi  sarana  dan  prasarana,  Yayasan Wiyata Mandala, Kota Depok Jawa Barat  sudah  memiliki  sarana-prasarana  yang memadai,  di SMP Islamiah Serua dan SMK Islamiah serua  fasilitas Internet juga telah tersedia, namun dalam penggunaanya belum  optimal. Para guru masih sangat jarang yang memanfaatkan komputer itu untuk tujuan peningkatan pembelajaran apalagi  menggunakan  media  pembelajaran  berbasis  Powerpoint  dengan  berbagai  aplikasinya ,pengabdian  ini dilakukan  untuk  meningkatkan  pengetahuan  dan  meningkatkan  keterampilan  guru-guru  di Yayasan Wiyata Mandala Muslimin Indonesia tentang konsep media pembelajaran berbasis powerpoint, materi yang dikembangkan adalah media pembelajaran dan pembuatan video pembelajaran melalui android, metode yang digunakan adalah  pelatihan dan pendampingan. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa keterampilan para guru cukup meningkat  dengan indikator bahwa produk luaran pelatihan telah memenuhi standar media yang menarik serta berpotensi dapat mempercepat pencapaian kompetensi siswa serta sebagai solusi media pembelajaran dalam masa pandemi covid-19.

References

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Avis, Ben. 1991. Teaching with Media, a paper presented at Technology and Education Conference in Athens, Greece.

Elliot, Stephen N et al,. 1996. Educational Psychology, Brown and Benchmark: Dubuque, Iowa..

Idris, Nuny S. 1999. Ragam Media Dalam Pembelajaran. A Paper presented at KIPBIPA III, Bandung.

Anderson, Ronald A. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2018). Penggunaan ICT dalam Penyusunan Modul Statistika. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(3), 151-172.

Hidayati, T., & Ikasari, I. H. (2020). Developing Ict-Based Calculus Learning Media. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 10-15.

Ikasari, I. H., Hidayati, T., Handayani, I., Wulandari, D., & Noviana, W. (2020). Pelatihan Edmodo Untuk Proses Pembelajaran Lebih Interaktif Dan Terorganisir Bagi Smp Kebangsaan Pondok Aren. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Juhaeri. 2009. Pengantar Multimedia Untuk Media Pembelajaran -bagian 2-Published: July 10, 2009 dari http://tutorial.babastudio.com/

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Purnomo. 1996. Strategi Pengajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. ( http://www.intel.com/)

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles