WIRAUSAHA KEUANGAN: BERWIRAUSAHA DAN MENJADI SUKSES DI BISNIS PEMASARAN BERJARINGAN (NETWORKING MARKETING)

Authors

  • Mulawarman Awaloedin Trisakti School of Financial Business

Keywords:

Pemasaran Berjaringan, Kuadran Bisnis, Pemilik Bisnis Independen.

Abstract

ABSTRAK

Jika dibandingkan dengan Negara-negara anggota ASEAN, jumlah pebisnis di Indonesia masih berada pada angka kurang 1% dari total jumlah penduduk. Guna meningkatkan jumlah pebisnis, dilakukanlah pelatihan wirausaha secara daring melalui perangkat lunak popular whatsapp untuk menjadi pebisnis di pemasaran berjaringan (networking marketing) yang terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI). Metode yang digunakan adalah pemberian pelajaran secara daring dengan seperangkat modul-modul yang berjumlah 6(enam) modul berisi ppt, video tutorial, kertas kerja elektronik (e-paper). Hasilnya adalah diperoleh 54 calon pebisnis pemasaran jaringan. Dari ke-54 calon itu, 17 peserta menjadi anggota dari bisnis pemasaran berjaringan. Mereka siap untuk memulai bisnis pemasaran berjaringan nomor satu di dunia.

Kata kunci: Pemasaran Berjaringan, Kuadran Bisnis, Pemilik Bisnis Independen.

ABSTRACT

When compared to ASEAN member countries, the number of entrepreneurs in Indonesia is still less than one percent of the total population. In order to increase the number of entrepreneurs, online entrepreneurship training was carried out through the popular Whatsapp software to become networked marketing entrepreneurs registered in The Indonesian Direct Sales Association (APLI). The method used is by giving online learning with a set of six modules consisting of PPTs/ Power Points, video tutorials, and electronic working papers (e-papers). The result obtains 54 networked marketing entrepreneurs candidates. Of the fifty four (54) candidates, seventeen (17) participants become members of the networked marketing business in the world. They are ready to begin the number one networked marketing business in the world.

Keywords: Networked Marketing, Business Quadrants, Independent Business Owners.

References

Amway Indonesia. (2016). Rancangan Penjualan dan Pemasaran. Di unduh dari: https://www.amway2u.com/c1/amw_navindex.jsp?rfnbr=1161&bmid=3&rfnbr=1161

Amway Indonesia. (2020). 7002957002 Mulawarman Awaloedin (sponsor terkonfirmasi). https://www.amway.id/id/registration/businessowner

Gary Keller with Jay Papasan. (2013). The One Thing. Bard Press, Austin, Texas.

Grant Cardone.(2016). Be Obsessed Be Average. Obsesi adalah Satu-satunya Pilihan untuk Meraih Sukses Besar Anda. Edisi Terjemahan. Alih Bahasa: Pandam. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Helisa Margana dan Eko Triyono. (2019). “Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakatâ€. Edunomika, Vol. 03, No. 02.

John Warrillow. (2010). Built TO Sell. Flipjetmedia, Toronto, Canada.

Napoleon Hill. (2019). Think and Grow Rich. Edisi Terjemahan. Gramedia, Jakarta.

Robert T. Kiyosaki. (2020). Rich Dad's Cashflow Quadrant.(Ed. Revisi), Gramedia Digital, Jakarta.

Robert T. Kiyosaki. (2020). Rich Dad's The Business School. (Ed. Revisi), Gramedia Digital, Jakarta.

Sigit Setyawadi. (2017). Modul-Modul Mekanisme Sukses Otomatis. WAG BTD Daring.

Steve Siebold. (2010). How RICH People THINK. London House.

Tim Ferris. (2016). Tools of Titans. Houghton Mifflin Harcourt, Boston, NY.

Umy Yonaevy.(2018). Model Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Dukungan Sosial Dan Motivasi Berprestasi. Thesis, Program Magister Psikologi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Warren E. Buffett. (1998). The Essays of Warren E. Buffett: Lesson For Corporate America. School of Law Yeshiva University.

Informasi sumber terbuka:

https://www.nutrilite.co.id/

https://www.amway.com/en_US/artistry

https://www.instagram.com/artistry_indonesia/?hl=id

https://www.artistry.com.au/

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles