PENINGKATAN KEMANDIRIAN USAHA UKM RENGGINANG DESA KROMENGAN KABUPATEN MALANG MELALUI MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI MIKROKONTROLER

Authors

  • Syahminan Syahminan Universitas Kanjuruhan Malang
  • Riski Nur Istiqomah Dinnullah Universitas Kanjuruhan Malang
  • Chandra Wahyu Hidayat Universitas Kanjuruhan Malang

Keywords:

PKM, UKM Rengginang, Teknologi Tepat Guna, Mikrokontroler

Abstract

Dusun Krajan yang terletak di Desa kromengan merupakan sentra pembuatan makanan khas oleh-oleh yaitu rengginang. Rengginang menjadi cemilan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu UKM yang menjadi usaha dalam PKM ini adalah UKM milik Ibu Kasiyah. Dalam produksinya, mitra dibantu oleh 5 orang karyawan. Sementara, reseller yang menjualkan produk mitra berjumlah 5 orang. Area pemasaran cemilan rengginang ini adalah Kromengan, Kepanjen, Gondanglegi, Kota Malang dan sekitarnya. Dalam sehari mitra memproduksi sekitar 200 kg yang dijual matang kepada pembeli. Selanjutnya, permasalahan yang terjadi dalam usaha mitra antara lain: a) Proses produksi belum efisien; b) Kurangnya diversifikasi Produk; c) Pengemasan tidak menarik; dan d) Omzet tidak dapat diperoleh dengan maksimal. Sementara, tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi rengginang dengan menerapkan teknologi mikrokontroller. Rencana kegiatan yang akan diberikan kepada mitra adalah memberikan pelatihan dan pendampingan melalui penerapan tepat guna kepada mitra meliputi cara penggunaan dan perawatan mesin pengering dan pencetak rengginang. Setelah itu, kegiatan pengabidan dilanjutkan dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkesinambungan agar kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan hasil yang optimal dan lebih efektif. Adanya kegiatan ini, kedepannya diharapkan mampu membantu meningkatkan kesejahteraan khususnya pada pelaku usaha UKM rengginang ini.

References

Saptariana, M. F. Putri, dan T. Agustina. 2014. Peningkatan Kualitas Produksi Rengginang Ketan Menggunakan Teknologi Pengering Buatan. Rekayasa. 12(1):10-15.

Sari, D. 2010. Kriuk Gurih Kerupuk Rengginang. Http://www.detikfood.com/ kriuk gurih-kerupuk-rengginang (Online). Diakses pada tanggal : 8 Juli 2010.

Khalishi, Z. 2011. Karakterisasi Dan Formulasi Rengginang Tepung Ikan Tembang (Sardinella fimbriata). Skripsi. Bogor: Departemen Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles