Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Daun Sirih Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. di Desa Jarangan Pasuruan

Authors

Keywords:

Desa Jarangan, Sanitizer Daun Sirih, Pelatihan, Pencegahan COVID-19.

Abstract

Hand sanitizer adalah salah satu produk kesehatan yang banyak di cari oleh masyarakat terutama di saat pandemi COVID-19 saat ini, disamping itu Hand Sanitizer secara instant dapat membunuh kuman tanpa menggunakan air yang dapat digunakan kapan saja danĀ  dimana saja, misalnya setelah memegang uang, sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah membuang sampah. Ada dua macam Hand Sanitizer, ada yang dari bahan kimia dan ada juga yang terbuat dari bahan alami seperti daun sirih. Pembuatan Hand Sanitizer Daun Sirih merupakan salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa terhadap masyarakat sekitar. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN-DR (Kuliah Kerja Nyata-dari Rumah) Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Wiranegara (UNIWARA) Pasuruan. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk kesehatan yang dapat dimanfaatkan baik untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Metode yang digunakan adalah demonstrasi yang terdiri dari dua tahapan yakni tahap persiapan, tahap pendampingan dan praktek. Tahap persiapan yaitu menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan baik dari segi alat atau bahan pada saat pembuatan Hand Sanitizer. Tahap pendampingan dan praktek yaitu proses pembuatan Hand Sanitizer Daun Sirih yang dilakukan bersama Masyarakat Desa Jarangan dan Mahasiswa KKN-DR dengan masukan serta arahan yang diberikan oleh Mahasiswa KKN-DR. Sehingga dimasa pandemi saat ini, dipandang perlu untuk menyikapi hal tersebut dengan cara pemberian pelatihan proses pembuatan Hand Sanitizer Daun Sirih yang benar bagi masyarakat Desa Jarangan Pasuruan.

Author Biography

Ana Ahsana El-Sulukiyyah, Universitas PGRI Wiranegara

keep up learning

References

Anggraini, M. 2020. Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Daun Sirih Sangat Mudah Dipraktekkan. Merdeka [Online]. Tersedia: https://www.merdeka.com/trending/cara-membuat-hand-sanitizer-dari-daun-sirih-sangat-mudah-dipraktikkan-kln.html diakses 11 September 2020.

Cresswell, J. 2012. Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (Vol. 1). United States: Pearson Education.

Desiyanto, F. A., 2013. Efektivitas mencuci tangan menggunakan cair-an pembersih tangan antiseptik (ha-nd sanitizer) terhadap jumlah angka kuman, Jurnal Kesmas, 7 (2).

Halidi, R. 2020. Ada Dua Jenis Hand Saniizer Mana Yang Lebih Baik. Suara [Online]. Tersedia : https://www.suara.com/lifestyle/2020/04/12/183440/ada-dua-jenis-hand-sanitizer-mana-yang-lebih-baik?page=all diakses 11 September 2020.

Mulyono, M. R., 2003. Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Obat Mujarab dari masa ke Masa. AgroMedia Pustaka, Jakarta.

Retno, S., Isadiartuti, D. Uji Efektifitas Sediaan Gel Antiseptic Tangan yang Mengandung Etanol dan Triklosan. 2005. Majalah.

Published

2020-12-25

Issue

Section

Articles