SOSIALISASI DAN PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DAN PEMUDA KARANG TARUNA CILANDAK BARAT

Authors

  • Fajar Septian Universitas Pamulang
  • Ari Syaripudin Universitas Pamulang
  • Dimas Abisono Punkastyo Universitas Pamulang
  • Fajar Agung Nugroho Universitas Pamulang

Keywords:

digital marketing, internet, online, UMKM

Abstract

Media online adalah metode untuk memperkenalkan dan memasarkan suatu produk atau informasi seperti memberikan sebuah iklan. Saat ini media online merupakan hal yang sangat penting pada proses transaksi penjualan dan pengenalan produk untuk mendapatkan informasi dari produk yang ditawarkan. Dengan metode media online penawaran dan pendataan barang yang terjual akan lebih cepat, mudah dan rapi. Para pelaku wiraswasta di Kelurahan Cilandak Barat umumnya tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi, ketrampilan khusus yang dimiliki terbatas dan sangat kekurangan modal kerja. Oleh sebab itu, produktivitasnya dan pendapatan mereka cenderung lebih rendah daripada kegiatan-kegiatan bisnis lainnya. Pertumbuhan industri e-commerce per tahun yang mencapai 50 persen ditambah dengan pengguna smartphone yang terus bertumbuh merupakan peluang yang sangat besar untuk pelaku UMKM yang digerakan oleh Pemuda Karang Taruna dalam meningkatkan penjualan produk mereka. Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dirancang di Fakultas Teknik Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang dan dilaksanakan di gedung I-Tech Center bagi Pemuda Karang Taruna Kelurahan Cilandak Barat. Pelaksanaan PkM dibagi menjadi lima bagian yaitu tahap diskusi anggota dan pendampingan, tahap ini akan dilakukan apa saja yang diperlukan untuk program pelatihan dan melihat bagaimana karakteristik Pemuda Karang Taruna. Selain itu juga melihat produk apa saja yang sudah mereka hasilkan. Tahap pembentukan struktur organisasi dilakukan agar setiap anggota dapat bertanggung jawab dengan tugas yang telah dibagi dan semua tugas atau kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Tahap pelaksanaan yaitu bagaimana kita memberi pelatihan kepada Pemuda Karang Taruna di Kelurahan Cilandak Barat. Tahap pelatihan dasar, menengah, dan secara spesifik, tahap ini bertujuan untuk melatih Pemuda Karang Taruna agar mengerti teknik Digital Marketing. Tahap evaluasi dilakukan setelah pelatihan berlangsung guna melihat kekurangan atau kendala yang timbul setelah adanya pelatihan tersebut. Tujuan tahap ini yaitu untuk mengamati serta menganalisis keberhasilan pelatihan ini. Hasil simpulan ini akan dijadikan dasar dalam pembuatan laporan PkM dan juga sebagai acuan dalam pengembangan PkM selanjutnya. Tahap pembuatan laporan adalah tahap akhir dari tahap program ini. Tahap ini dilakukan untuk menyusun semua data yang telah didapat dari kegiatan sebelumnya agar dalam penyusunannya diperoleh hasil yang lebih baik. Dengan adanya pelatihan digital marketing mampu membantu meningkatkan penghasilan masyarakat yang digerakan oleh Pemuda Karang Taruna Kelurahan Cilandak Barat sekaligus dalam rangka pengembangan produktivitas dan dapat membantu pemasaran produk dengan cara yang berbeda serta mampu mengembangkan produk yang lebih menarik dan inovatif. Selain itu, konsumen dapat lebih mudah dan efisien dalam membeli produk tanpa harus datang ke tempat penjualnya.

References

APJII. (2019, Mei 18). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018. Retrieved from APJII: https://apjii.or.id/survei

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2011). Panduan Penyelenggaraan Model Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. Jakarta: MENDIKNAS DIRJEN DIKTI.

MENDIKBUD RI. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: MENKUMHAM RI.

Mulyono, B. (2013). Pemanfaatan Media Sosial Edmodo pada Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru SMA di Kota Palembang. Seminar Pendidikan Nasional (pp. 698-712). Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Pradnyana, G., Pradnyana, I., & Sindu, I. (2016). Pelatihan Penggunaan E-Learning Berbasis Media Sosial Edmodo Bagi Guru SMA Di Kecamatan Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2016 (pp. 160-171). Bali: Unversitas Pendidikan Ganesha.

Setijadi [Ed.]. (2005). Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setyono, E. Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurve-S Menggunakan Microsift Excell. SOSHUM : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 42-49.

Suriadhi, G., Tastra, I. D., & Suwatra, I. W. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 2 Singaraja. Journal Edutech, 2(1). doi:http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v2i1.3795Chatra, E. (2018). Pengenalan Digital Marketing, Pelatihan E-Commerce Dan Merancang Pesan Persuasif Bagi Pelaku Umkm Di Kota Padang. Padang: Universitas Andalas.

Cresswell, John. W, 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran.2012. Penerbit Erlangga: Jakarta

Jacobsen, Bjorn P (2009), Investor Creatifity. Journal of Place Management and Development Vol 2 No 1 Kriyantono, Rakhmat, 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Kencana.

Mahedy, K., Parmawati, P., & Ernanda, K. (2016). Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (Apik) Kabupaten Buleleng. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mahedy, K., Parmawati, P., & Sukayana, P. (2017). Sosialisasi Dan Pendampingan Pemanfaatan Internet Sebagai E-Katalog Dan E-Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran Bagi Pengrajin Kamen Pelangi Di Desa Bengkel. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha .

Murwanto, H., Yudhitiya, & Indriana, D. (2019). Sosialisasi & Pelatihan E-Commerce Beserta Aspek Hukumnya bagi Pelaku Usaha Rumah Payet Sulam Kecamatan Genuk Kota Semarang. Semarang: Universitas Semarang.

Rangkuti, Freddy. Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC.2009. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta

Saputra, Wahidin, 2011, Public Relations Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber, Depok: Gramata Publishing.

Sari, Elsi Kartika, dkk., 2008. Hukum dalam Ekonomi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Silondae, Arus Akbar, dkk., 2014. Pokok-pokok Hukum Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sulaksana, 2007. Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.

Tijaniyah. (2018). Pelatihan Bisnis Online Menggunakan Aplikasi Shopee. Probolinggo: Universitas Nurul Jadid.

Yadewani, D., & Hamdi, K. (2016). Pelatihan Dan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Pada Home Industri “Randang Awak Juoâ€. Prosiding Seri Ekonomi Konferensi Nasional PkM CSR ke-2 (pp. 146-156). Tangerang: Universitas Pelita Harapan.

Tjiptono, Fandy, 2009. Strategi Pemasaran: Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Publisher.

Undang-undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi & Transaksi Elektronik (UU ITE)

Wiley, Yoeti. A. Oka, 1996. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Perca.

Yananda, M Rahmat.Branding Tempat Membangun Kota, Kabupaten, dan Provinsi Berbasis Identitas.2011. PT Makna Informasi Indonesia: Jakarta

Published

31-03-2021

Issue

Section

Articles