PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMA
Keywords:
Pelatihan, Pembelajaran Daring, Google ClassroomAbstract
Pembelajaran secara daring adalah salah satu alterantif dilakukan oleh para tenaga pengajar di sekolah disebabkan karena adanya penutupan sekolah dan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Selain itu, perkembangan teknologi juga telah merubah bentuk pembelajaran yang berbasis luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring). Hal Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik dalam menciptakan suasana pembelajaran yang terencana dan efektif agar siswa dapat memahami materi yang diberikan. Khususnya bagi guru IPA dan matematika SMA di kabupaten Aceh Utara. Sebagian besar guru belum memahami pelaksanaan pembelajaran secara daring yang efektif diterapkan bagi siswa. Selain itu, belum adanya pelatihan khusus untuk mendukung pembelajaran secara daring. Melalui kegiatan pelatihan penggunaan Google Classroom kepada guru SMA khususnya mata pelajaran Matematika dan IPA (kimia, fisika, biologi) di SMA Negeri 1 Dewantara, mampu meningkatkan pemahaman guru tentang strategi pembelajaran secara daring. Guru-guru sangat antusias dengan kegiatan pelatihan ini dan 59% guru sangat setuju bahwa kegiatan ini dapat membantu meningkatkan wawasan mereka tentang pembelajaran daring.
References
Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224
Dimyati A, M., Suwardianto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika .
Djaja, S. (2017). Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Unej .
Hidayati, T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Of Mathematics. Pena Persada.
Hidayati, T., & Ikasari, I. H. (2020). Developing Ict-Based Calculus Learning Media. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 10-15.
Ikasari, I. H., Hidayati, T., Handayani, I., Wulandari, D., & Noviana, W. (2020). Pelatihan Edmodo Untuk Proses Pembelajaran Lebih Interaktif Dan Terorganisir Bagi Smp Kebangsaan Pondok Aren. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Gurudalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii .
Ruseffendi. (1980). Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid Guru dan SPG seri 5. Bandung: : Tarsito.
Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Muhammad, D. M., & Azis, S. H. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1785
Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI).
Sumini, S. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan Di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional, 1. Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Waluyo, S., & Surya, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan
Berpikir Kreatif Matematika. https://www.researchgate.net/publication/320736483