PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU SMA

Authors

  • Fajriana Fajriana Program Studi Pendidikan Matematikan, Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Muhammad
  • Safriana Safriana

Keywords:

Pelatihan, Pembelajaran Daring, Google Classroom

Abstract

Pembelajaran secara daring adalah salah satu alterantif dilakukan oleh para tenaga pengajar di sekolah disebabkan karena adanya penutupan sekolah dan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19. Selain itu, perkembangan teknologi juga telah merubah bentuk pembelajaran yang berbasis luar jaringan (luring) menjadi dalam jaringan (daring). Hal Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik dalam menciptakan suasana pembelajaran yang terencana dan efektif agar siswa dapat memahami materi yang diberikan. Khususnya bagi guru IPA dan matematika SMA di kabupaten Aceh Utara. Sebagian besar guru belum memahami pelaksanaan pembelajaran secara daring yang efektif diterapkan bagi siswa. Selain itu, belum adanya pelatihan khusus untuk mendukung pembelajaran secara daring. Melalui kegiatan pelatihan penggunaan Google Classroom kepada guru SMA khususnya mata pelajaran Matematika dan IPA (kimia, fisika, biologi) di SMA Negeri 1 Dewantara, mampu meningkatkan pemahaman guru tentang strategi pembelajaran secara daring.  Guru-guru sangat antusias dengan kegiatan pelatihan ini dan 59% guru sangat setuju bahwa kegiatan ini dapat membantu meningkatkan wawasan mereka tentang pembelajaran daring.

References

Ahmad, Perwira Negara, H. R., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. https://doi.org/10.36765/jpmb.v3i1.224

Dimyati A, M., Suwardianto, D., Yuliandoko, H., & Arief W, V. (2018). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Daring (On Line) Bagi Guru Dan Siswa Di Smk Nu Rogojampi. J-Dinamika .

Djaja, S. (2017). Harapan Dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Unej .

Hidayati, T. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Suplemen History Of Mathematics. Pena Persada.

Hidayati, T., & Ikasari, I. H. (2020). Developing Ict-Based Calculus Learning Media. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 10-15.

Ikasari, I. H., Hidayati, T., Handayani, I., Wulandari, D., & Noviana, W. (2020). Pelatihan Edmodo Untuk Proses Pembelajaran Lebih Interaktif Dan Terorganisir Bagi Smp Kebangsaan Pondok Aren. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Lince, R. (2016). Strategi Peningkatan Profesionalisme Gurudalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii .

Ruseffendi. (1980). Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid Guru dan SPG seri 5. Bandung: : Tarsito.

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Muhammad, D. M., & Azis, S. H. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1785

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI).

Sumini, S. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Pelatihan Di Balai Latihan Kerja. Prosiding Seminar Nasional, 1. Retrieved from http://www.jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmpd/article/view/3025

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Waluyo, S., & Surya, E. (2017). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan

Berpikir Kreatif Matematika. https://www.researchgate.net/publication/320736483

Published

31-03-2021

Issue

Section

Articles