Faktor Kurang Optimal Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi di Desa Rowolaku, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah

Authors

  • Imas Patonah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
  • Muasomah Muasomah Institut Agama Islam Negeri Pekalongan

Keywords:

Pandemi, Pembelajaran, Daring

Abstract

Tujuan Pendidikan dimasa pandemi adalah salah satu kegiatan belajar mengajar yang  dilaksankan dengan jarak jauh dan seringkali media yang digunakan adalah media digital. Masa pandemi ini  menjadikan semua orang bergelut dengan dunia teknologi. Oleh sebab itu beberapa kegiatan dimasa pandemi menjadi sebuah gagasan bahwasanya setiap masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman, karena jika tidak mengikuti otomatis akan tertinggal baik dalam sektor pendidikan,  syi’ar agama, ekonomi dan lain- lain.  Namun demikian, tidak semua orang memliki iktiyar yang mulus. Sehingga terjadi problem- problem tertentu yang menimpa masyarakat, guru dan peserta didik khususnya yang menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi tidak efektif dan optimal. Diantaranya orang tua tidak memiliki android, orang tua tida bisa mengoprasikan android, orang tua tidak sabar mendampingi anak belajar di rumah karena harus bekerja,orang tua tidak menguasai materi, pendidikan orang tua dan keluarga, kemampuan literasi digital guru, koneksi internet, biaya pembelajaran daring, kelengkapan perangkat, aplikasi yang digunakan. Karena setiap kegiatan pembelajaran harus dilakukan dengan kondusif, dan dapat di pahami. Dengan adanya penelitian ini tentunya peniliti menginginkan bahwa setiap warga masyarakat harus melek akan adanya perkembangan zaman agar setiap perkembangan dapat diikuti dan tidak membuat panik. Sehingga pembelajaran baik daring ataupun luring semua akan berjalan dengan lancar. Dengan demikian, peniliti menggunakan metode kualitatif deskriftif agar bisa memberi gambaran akan kondisi pembelajaran di masa pandemi ini.

References

Ari Winangun, I Made. “Perspektif Mahasiswa Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Online Dimasa Pandemi Covid- 19†Jurnal Ilmu Pendidikan.Widyalaya.Vol.1. No.1.2020.

Ayu Suasty, I Gusti Dan Ida Bagus Putu Eka Suadnyna,†Membangun Karakter “ Genius†Anak Tetap Belaja Dirumah Selama Pandemi Covid 19 Pada Sekolah Suta Dharmaubud Gianyar.Jurnal Ilmu Pendidikan. Cetta.Vol.3 No.3 .2020.hal.432-436

Maryam Munjiat, Siti.†Analisis Upaya Orang Tua Dalam Mendidik Anak Dimasa Pandemiâ€.Jurnal Pendidikan. Risalah.Vol. 6. No.2.September 2020. hal.232- 233

Mufaziah, Eva dan Puji Yanti Fauziah. “ Kendala Orangtua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Pada saat Pandemi Covid-19†Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,Jurnal Obsesi. Vol.5. No.2.2021.hal.1048- 1049.

Nyoman Padmadewi, Ni dan Luh Putu Artini. 2018. Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktek.

Roni Hamdani, Acep dan Asep Priatna “ Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di kabupaten Subangâ€. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol. VI. No.1. Juni. 2020. hal.5- 7

Sunarto.TANPA TAHUN. Teknologi Informasi Dan Komunikasi.Jakarta: Grasindo.

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: IKAPI.

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles