PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR ARAS TINGGI (HOTS) MELALUI APRESIASI DRAMA

Authors

  • Latifah - Latifah Universitas Pamulang
  • Diyah Iis Adriani Universitas Pamulang
  • Selviana Teras Widy Rahayu Universitas Pamulang
  • Prichatin - Prichatin Universitas Pamulang

Keywords:

HOTS, Kampung Inggris, drama

Abstract

Jampang English Village (JEV) merupakan sebuah kampung berbahasa Inggris yang berdiri di Desa Jampang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. JEV adalah bagian dari wilayah pemberdayaan Zona Madina yang dikelola oleh Yayasan Dompet Dhuafa. Oleh karenanya, tim PkM menetapkan JEVsebagai tempat pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk membantu JEV mencapai tujuan-tujuannya. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah teknik High Order Thinking Skills (HOTS) yang disampaikan melalui apresiasi drama. Dengan menggunakan teknik HOTS, para peserta dapat mengevaluasi dan mengemukakan pemikiran mereka sendiri. Selain itu, para peserta dapat mengetahui dan mengomentari penampilan drama secara kritis. Aplikasi HOTS melalui drama juga memberi hiburan, pesan moral dan nasihat, membentuk karakter, dan memotivasi peserta untuk berbicara dalam bahasa Inggris.

 

References

Danandjaja, J. (1984). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan lain-lain. Jakarta: PT Grafiti Pers.

Daryanto, Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fiocione. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills. Tangerang: Tira Smart.

Gintings, Abdorakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran: Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru dan Dosen. Bandung: Humaniora.

Hamalik, Oemar. 2005.â€Kurikulum dan Pembelajaranâ€. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harymawan, RMA. (1993). Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hutomo, Suripan Sadi. (1996). Cerita Rakyat dari Surabaya. Jakarta: Grasindo.

Saputra, Hatta. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’ Publishing.

Sudjana, Nana & Ahmad Rifa’i. (2002).â€Media Pengajaran.†Bandung: Sinar Guru

Sumardjo, Jacob & Saini K.M. (1986). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Wahab, Abdul Azis. (2009). Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Yuwono, Untung. (2007). Gerbang Sastra Indonesia Klasik. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles