PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK MENSTIMULASI KOSAKATA BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK TBM KOLONG CIPUTAT

Authors

  • Ratu Prayuana Universitas Pamulang
  • Diyah Iis Andriani Universitas Pamulang
  • Prichatin Prichatin Universitas Pamulang
  • Selviana Teras Widy Rahayu Universitas Pamulang

Keywords:

Kosakata, media visual, gambar

Abstract

Kosakata bahasa Inggris dianggap sulit untuk dipelajari. Tidak terkecuali peserta didik di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) KOLONG, Ciputat. Mereka mengalami kesulitan dalam memelajari dan menguasai kosakata bahasa Inggris. Selain faktor latar belakang keluarga, metode belajar membosankan yang diterapkan oleh pengajar membuat peserta didik kurang termotivasi untuk menguasi kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu, TBM Kolong dianggap sebagai tempat yang tepat untuk melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) untuk membantu para peserta didik lebih mengenal dan mampu menggunakan kosakata sederhana berbahasa Inggris. Awalnya, metode yang digunakan dalam PkM di tempat ini adalah dengan cara para pengajar mendatangi TBM secara langsung dan memberikan materi. Namun, selama Pandemi virus Covid-19, kegiatan PkM dilakukan dengan menerapkan social distancing. Sehingga, pada kegiatan PkM kali ini para pengajar memutuskan untuk membuat buku ajar yang tentunya telah disetujui pihak TBM guna menunjang kegiatan belajar mengajar kosakata bahasa Inggris para peserta didik di TBM. Dalam kegiatan PkM tersebut, para pengajar membuat buku ajar yang menitikberatkan pada penggunaan media visual guna menstimulasi kosakata bahasa Inggris para peserta didik. Sebagai hasilnya, buku ajar bergambar tersebut mampu membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar kosakata bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan. Warna, cerita dan seluruh tampilan menarik yang disajikan dalam buku ajar tersebut membuat peserta didik lebih tertarik untuk membacanya. Perasaan semangat dan keingintahuan tinggi yang dirasakan oleh peserta didik membuat mereka lebih mudah mengingat kosakata yang di baca. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media visual mampu meningkatkan motivasi peserta didik TBM KOLONG dalam belajar kosakata bahasa Inggris.

References

Anitah, Sri dkk. Strategi Pembelajaran di SD, (Jakarta: Universitas Terbuka 2011)

Djago Tarigan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah (Jakarta: Universitas Terbuka, 2006)

Emgusnadi, Metode Pembelajaran SAS untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri 021 Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),2 (5),659-665

Gorys Keraf, Diksi dan Gaya Bahasa (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta 2003) Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. (Bandung: Pustaka Setia 2011)

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: Pustaka Setia 2011)

Kasihani K. E Suyanto, English for Young Learners (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)

Nana Sudjana dan Ahmad Rifa’i, Teknologi Pendidikan (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2007)

Nurhadi. Tata Bahasa Pendidikan; Landasan Penyusunan Buku Pelajaran Bahasa, (Semarang: IKIP Semarang Press 1995)

Peraturan Perundang-Undangan Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Puspita, Linda, Pendekatan Pembelajaran Bahasa Sekolah Dasar, (Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana 2010)

PP No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Soedjito, Kosakata Bahasa Indonesia (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. (Jakarta: Bumi Aksara 2012)

Warsita, B, Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010)

Published

31-05-2021

Issue

Section

Articles