Manejemen Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Anak di Panti Asuhan Mizan Amanah Kesehatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v3i1.11515Abstract
Acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul “Manajemen untuk meningkatan tanggung jawab anak di panti asuhan Mizan Amanah Kesehatanâ€. Tujuan acara pengabdian kepada masyarakat ini yaitu mengamalkan layanan bimbingan dan pelatihan karakter untuk tanggung jawab melalui media menanam. Bimbingan dan pelatihan diberikan melalui bimbingan kelompok dengan metode story telling dan pelatihan untuk motivasi supaya dapat dimplementasikan dalam aktivitas sehari-hari, dalam dilingkungan asrama panti asuhan, masyarakat maupun tempat pendidikan. Nilai-nilai budi pekerit yang akan disampaikan yaitu bersyukur dan berterima kasih, saling memuji, empati, mengatasi konflik, jujur, disiplin, bertanggung jawab. Pelatihan yang diberikan menyesuaikan arah umpan yaitu anak-ank asrama mizn amanah kesehatan yang tingkatan Sekolah Dasar (SD) dan sekolah menengah tingkat pertama. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah anak panti asuhan dapat mengasosiasikan materi yang diberikan oleh penyedia (mahasiswa) melalui totarial dan pelatihan tanggung jawab melalui media menanam
Kata Kunci : Communication; Education; Responsibility; Skill
References
Grant, M.M. (2002). Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recommendation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal vol. 5.
Hurlock, B Elizabeth. (1978). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Jacob Azerrad. (2005). Membangun Masa Depan Anak. Bandung: Nusamedia dengan Nuansa.
Lesmana, R., Sunardi, N., Hasbiyah, W., Tumanggor, M., & Susanto, S. (2019). Manajemen Alokasi Dana Desa dalam Upaya dan Strategi Mewujudkan Desa Sejahtera Mandiri di Desa Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab. Subang, Jawa Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Lighter Dawn. (1999). 50 Cara Efektif Menanamkan Tingkah Laku Positif Pada Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nana Sudjana. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nana Syaodih Sukmadinata (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Sarwani, S., Sunardi, N., AM, E. N., Marjohan, M., & Hamsinah, H. (2020). Penerapan Ilmu Manajemen dalam Pengembangan Agroindustri Biogas dari Limbah Kotoran Sapi yang Berdampak pada Kesejahtraan Masyarakat Desa Sindanglaya Kec. Tanjungsiang, Kab. Subang. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Sunardi, N., & Lesmana, R. (2020). Konsep Icepower (Wiramadu) sebagai Solusi Wirausaha menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) pada Masa Pandemi Covid-19. JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 4(1).
Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.