Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Business dengan E-Commerce Kepada Ibu- Ibu PKK Pelaku UMKM

Authors

  • Agustina Mogi Universitas Pamulang
  • Lativa Lativa Universitas Pamulang
  • Citra Eliyani Universitas Pamulang
  • Krida Puji rahayu Universitas Pamulang
  • Sulistiyani Sulistiyani Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/jamh.v4i1.16225

Abstract

Pengabdian ini berjudul Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Bussiness Dengan E-Commerce Kepada Ibu-Ibu PKK Pelaku UMKM RT 001 RW 021 Kelurahan Parigi Lama. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan- pelatihan menjadi wirausaha pada masa pandemi covid- 19 dengan memanfaatkan media Digital Bussiness dengan E-Commerce bagi para Ibu PKK. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung, serta simulasi dan diskusi dengan para para Ibu PKK Pelaku UMKM RT 001 RW 021 Kelurahan Parigi Lama. Hasil kegiatan ini adalah para Ibu PKK mendapat pelatihan langsung menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media Digital Bussiness dengan E-Commerce yaitu membuat toko sendiri di salah satu E-Commerce serta dapat memanfaatkan media digital  dalam kegiatan  pemasaran produk.

                                                                                              

Keywords: Pandemic Covid-19; E-Commerce;  Pelatihan Wirausaha

References

Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eko, W. S. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia: Yogjakarta: Pustaka pelajar

Eliyani, C., Rahayu, K.P., Aesah, S., dkk. 2020. Pelatihan dan Bantuan Dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 di RT 003/RW 006, Desa Kabasiran, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Indonesian Journal of Society Engagement, Vol. 1 No. 1, 151-164.

Gurnelius, S. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. USA: McGrawHill Co

Kamil, M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan. Bandung: ALFABETA

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: PT Penerbitan Dan Percetakan.

Kirigia, J. M., & Muthuri, R. N. D. K. (2020). The Fiscal Value of Human Lives Lost From Coronavirus Disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s13104-020-05044-y

Lativa, Sanjaya, R., dkk. 2020. Pelatihan Perhitungan Pajak Pph Pasal 21, Pasal 23, dan Pph Pasal 4 Ayat 2 Kepada Kepala Sekolah, Bendahara, Administrasi SMP Kota Tangerang Selatan Gugus 02. Jurnal DEDIKASI, Vol. 1, No. 1, 80-85.

Mogi, A., Rahayu, K.P., Sanjaya, R., dkk. 2020. Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Covid-19 Kampung Parigi RW 005. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, Vol. 2 No. 1, 14-19.

Morrison, (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Perkasa.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Rahayu, K.P., Wati, R., Prihanto, Y., dkk. 2020. Pelatihan Audit Internal Penggunaan Dana Bos untuk Kepala Sekolah, Bendahara, Administrasi SMP Kota Tangerang Selatan Gugus 03. Jurnal DEDIKASI, Vol. 1, No. 2, 6-12.

Sanjaya, R., Rahayu, K.P., Mogi, A., Surahman, A. and iSulistiyani, S., 2021. Pelatihan Virtual Pembuatan Laporan Keuangan Badan Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Untuk Menarik Muzakki Berdonasi. JPKM-Aphelion (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion), 1(2), pp.234-249.

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Downloads

Published

2022-11-07