Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Business dengan E-Commerce Kepada Ibu- Ibu PKK Pelaku UMKM
DOI:
https://doi.org/10.32493/jamh.v4i1.16225Abstract
Pengabdian ini berjudul Pengenalan dan Pemanfaatan Digital Bussiness Dengan E-Commerce Kepada Ibu-Ibu PKK Pelaku UMKM RT 001 RW 021 Kelurahan Parigi Lama. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pelatihan- pelatihan menjadi wirausaha pada masa pandemi covid- 19 dengan memanfaatkan media Digital Bussiness dengan E-Commerce bagi para Ibu PKK. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung, serta simulasi dan diskusi dengan para para Ibu PKK Pelaku UMKM RT 001 RW 021 Kelurahan Parigi Lama. Hasil kegiatan ini adalah para Ibu PKK mendapat pelatihan langsung menjadi wirausaha dengan memanfaatkan media Digital Bussiness dengan E-Commerce yaitu membuat toko sendiri di salah satu E-Commerce serta dapat memanfaatkan media digital dalam kegiatan pemasaran produk.
Keywords: Pandemic Covid-19; E-Commerce; Pelatihan Wirausaha
References
Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eko, W. S. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia: Yogjakarta: Pustaka pelajar
Eliyani, C., Rahayu, K.P., Aesah, S., dkk. 2020. Pelatihan dan Bantuan Dalam Program Pemberdayaan Ekonomi Pada Masa Pandemi Covid-19 di RT 003/RW 006, Desa Kabasiran, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Indonesian Journal of Society Engagement, Vol. 1 No. 1, 151-164.
Gurnelius, S. (2011). 30-minute Sosial Media Marketing. USA: McGrawHill Co
Kamil, M. (2010). Model pendidikan dan pelatihan. Bandung: ALFABETA
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2005). Jakarta: PT Penerbitan Dan Percetakan.
Kirigia, J. M., & Muthuri, R. N. D. K. (2020). The Fiscal Value of Human Lives Lost From Coronavirus Disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.1186/s13104-020-05044-y
Lativa, Sanjaya, R., dkk. 2020. Pelatihan Perhitungan Pajak Pph Pasal 21, Pasal 23, dan Pph Pasal 4 Ayat 2 Kepada Kepala Sekolah, Bendahara, Administrasi SMP Kota Tangerang Selatan Gugus 02. Jurnal DEDIKASI, Vol. 1, No. 1, 80-85.
Mogi, A., Rahayu, K.P., Sanjaya, R., dkk. 2020. Bantuan Sosial Bagi Warga Terdampak Covid-19 Kampung Parigi RW 005. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, Vol. 2 No. 1, 14-19.
Morrison, (2007). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Perkasa.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).
Rahayu, K.P., Wati, R., Prihanto, Y., dkk. 2020. Pelatihan Audit Internal Penggunaan Dana Bos untuk Kepala Sekolah, Bendahara, Administrasi SMP Kota Tangerang Selatan Gugus 03. Jurnal DEDIKASI, Vol. 1, No. 2, 6-12.
Sanjaya, R., Rahayu, K.P., Mogi, A., Surahman, A. and iSulistiyani, S., 2021. Pelatihan Virtual Pembuatan Laporan Keuangan Badan Lembaga Amil Zakat Nahwa Nur Untuk Menarik Muzakki Berdonasi. JPKM-Aphelion (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat-Aphelion), 1(2), pp.234-249.
Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).
Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Open Access
Jurnal Abdi Masyarakat Humanis is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area scientific multidisciplinary journal concerned with the practice and processes of community engagement.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.