Pengelolaan Keuangan Yang Efektif dan Efisien bagi Keuangan Rumah Tangga Masyarakat Cihambulu, Kec. Pabuaran, Kab.Subang, Propinsi Jawa Barat

Authors

  • Nufzatut saniah Universitas Pamulang
  • Nardi Sunardi Universitas Pamulang
  • Kartono Kartono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/%25JAMH.v4i2.21452

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini yaitu untuk mengeduksi cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar pada masyarakat di Desa Cihambulu Kecamatan Pabuaran Subang Jawa Barat. Objek pengabdian adalah warga masyarakat desa Cihambulu, Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Materi yang diberikan penyuluhan betapa pentingnya mengelola keuangan dalam rumah tangga secara efektif dan efesien guna memaksimalkan pendapatan yang ada. Metode yang digunakan adalah ceramah, penyampaina materi dan diskusi. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa warga desa Cihambulu, Pabuaran, Subang, Jawa Barat wajib untuk diberikan pengetahuan bagaimana mengatur keuangan rumah tangga karena ini merupakan peran yang vital dalam mengatur keuangan rumah tangga. Karena berdampak pada Missed manajemen dalam mengatur keuangan rumah tangga bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga. 

References

Bachrudin, E. A. (2016, April 02). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga.

Endrianti, R. D., & Laila, N. (2016). Pengelolaan Keuangan Keluarga Secara Islam Pada Keluarga Muslim Etnis Padang dan Makassar di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan.

Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge, Parental Income terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.

Humaira, I., & Sagoro, E. M. (2018). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Perilaku UMKM Sentra Kerajianan Batik Kabupaten Bantul. Jurna Nominal,

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Parmitasari, R. D., Alwi, Z., & S, S. (2018). Peran Kecerdasan Spiritual dan Gaya Hidup Hedonisme dalam Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS),

Pritazahara, R., & Sriwidodo, U. (2015, Maret 1). Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Pengalaman Keuangan Terhadap Perilaku Perencanaan Investasi Dengan Self Control Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan,

Qibtiyah, M., Mahmudi, I., & Triningtyas, D. A. (2017, November). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan Pola Asuh Autoritatif Terhadap Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Counsellia,

Raharjo, K., Dalimunte, N. D., Purnomo, N. A., Zen, M., Rachmi, T. N., & Sunardi, N. (2022). Pemanfaatan Financial Technology dalam Pengelolaan Keuangan pada UMKM di Wilayah Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 67-77.

Soetiono, K. S. (2016). Otoritas Jasa Keuangan: Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen. Perencanaan Keuangan.

Sunardi, N., Hamsinah, H., Sarwani, S., Rusilowati, U., & Marjohan, M. (2020). Manajemen Pengelolaan Budidaya Ikan Laut (Sea Farming) Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2).

Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1).

Sunardi, N., Lesmana, R., Tumanggor, M., & Kadim, A. (2019). Implementasi Ilmu Manajemen dalam Mewujudkan Pembangunan Masjid Raya Abdul Kadim, Yayasan Ar-Rohim, Kab. Musi Banyuasin, Propinsi Sumatra Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(1).

Wijayanti, Agustin, G., & Rahmawati, F. (2016). Pengaruh Jenis Kelamin, IPK, dan Semester Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi.

Yulistia, R., & Iramani. (2018, Maret 10). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga di Kabupaten Tuban.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal.

York: Penguin Books.

Published

2023-04-01