Penyuluhan Kepada Masyarakat Dalam Pemberantasan Kejahatan Informasi Dunia Nyata Dan Dunia Maya (Hoaks) Yang Berdampak Pada Bidang Ekonomi, Pada Kelurahan Cilenggang

Authors

  • Wahyuudi Iskandar Universitas Pamulang
  • Muhammad Nofan Universitas Pamulang
  • Bagas Karah Universitas Pamulang
  • Andhika Fajar Universitas Pamulang
  • Indah Purnama Sari Universitas Pamulang

Keywords:

Kejahatan, Hoax, Ekonomi.

Abstract

Abstrak.

Hoax mampu mempengaruhi ekspektasi dan perilaku masyarakat  yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan berekonomi(konsumsi  dan berinvestasi). Oleh karena itu, sudah menjadi tanggung jawab  bersama untuk preventif menjaga viralnya hoax sehingga tidak  merugikan bisnis dan ekonomi secara umum.Bagi dunia bisnis,  ketakutan masyarakat akan menyebabkan perubahan perilaku yang  pada akhirnya mempengaruhi keputusan mereka dalam berkonsumsi  dan berinvestasi. Sehingga pada akhirnya akan menghambat  perekonomian itu sendiri. Renungkanlah lagi, jika kita adalah obyek  yang terkena dampak hoax dan membuat bisnis kita menjadi  hancur.Untuk mencari alternatif pemecahan masalah diatas, maka  diadakan Penyuluhan Kepada Masyarakat Dalam Pemberantasan  Kejahatan Informasi Dunia Nyata Dan Dunia Maya (Hoaks) Yang  Berdampak Pada Bidang Ekonomi, PadaKelurahan Cilenggang.  Dengan tujuan untuk menambah pengetahuan mengenai  Pemberantasan Kejahatan Hoaks bagi warga di Kelurahan  Cilenggang. Berdasarkan evaluasi setelah dilakukan Penyuluhan  Kepada Masyarakat Dalam Pemberantasan Kejahatan Informasi  Dunia Nyata Dan Dunia Maya (Hoaks) Yang Berdampak Pada  Bidang Ekonomi, Pada Kelurahan Cilenggangdiperoleh hasil bahwa  terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman yang sangat baik  berdasarkan hasil postest yang dilakukan setelah PKM ini..

References

Lukman Hakim Syaifudin, “Melawan Hoax di Media Sosial dan Media Massaâ€, (Jakarta : Trustmedia Publishing, 2017), hlm. 92.

Dedi Rianto Rahadi, “Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosialâ€, ( Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan),Vol. 5 No. 1, 2017.

Jay W. Jensen Rivers and Theodore Peterson, Media Massa Dan Masyarakat Modern, trans. Haris Munandar (Jakarta: Kencana, 2008)

Jimly Asshiddiqie, Hukum Tata Negara dan Pilar-Pilar Demokrasi, (Jakarta: Konstitusi Priss, 2006)

Satjipto Rahardjo, Masalah Penegakan Hukum Suatu Tinjauan Sosiologis, (Bandung: Sinar Baru, 2009)

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: PT.Raja Grafindo, 2007)

Barda Nawawi Arief, Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana, (Semarang: Fajar Interpratama, 2011)

Anissa Rahmadhany, Anggi Aldila Safitri, Irwansyah Irwansyah, “Fenomena Penyebaran Hoax dan Hate Speech pada Media Sosialâ€, (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis (Jteksis))

https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.182

https://www.merdeka.com/jateng/pengertian-informasi-beserta jenis-dan-fungsinya-perludiketahui-kln.html

https://tangselpos.id/29/04/2021/ter gusur-tol-serpong-balaraja kantor-kelurahan-cilenggang pindah-ke-sunburst/

https://www.liputan6.com/cekfakta/read/4334451/cek-faktahoaks-video-jokowi-menyerahtangani-ekonomi-ri

http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jmdk/arti cle/view/1342

Published

2023-11-15