Sosialisasi Dan Edukasi Bahaya Narkotika Bagi Pelajar Pada Siswa/Siswi SMA Negeri 46 Jakarta

Authors

  • Eptarius zai Universitas Pamulang
  • Dewa Dewa Universitas Pamulang
  • Muzzaqi Kurniawan Universitas Pamulang
  • Diki Subagja Universitas Pamulang

Keywords:

Penyalahgunaan Narkoba, Generasi Muda/Remaja, Pelajar.

Abstract

Abstrak.

 

Di zaman sekarang genrasi muda memang sangat rentan terhadap hal hal negatif yang dapat merusak masa depannya (termasuk narkoba), hampir setiap hari penggunaan serta penyalahgunaan narkoba terus bertambah, generasi muda memang salah satu kelompok yang paling rentan dan memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap penyalahgunaan narkoa disbandingkan dengan kelompok usia lainnya. Masa remaja sendiri merupakan masa dimana dalam masa tersebut para remaja atau generasi muda mulai mencari jati diri mereka serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru yang ia temukan dilingkungan sekitarnya. Banyak faktor yang menyebabkan para generasi muda terjerumus dalam lingkaran hitam penyalahgunaan narkoba diantaranya faktor lingkungan disekitarnya, faktor keluarga, pergaulan, faktor ekonomi daln lain-lain. Selain peran orang tua yang ada di lingkungan keluarga ataupun peran pergaulan lingkungan tempat generasi muda bersosialisasi lingkungan pendidikan disekolahpun sangat berperan aktif dalam membantu memberi pemahaman terhadap generasi muda terutama pelajar tentang bahaya dari penyalahgunaan narkoba, karena tidak jarang masih banyak kalangan pelajar yang mungkin belum memahami efek dari penyalahgunaan narkoba, Badan Narkotika Nasional (BNN) juga mencatat bahwasannya penyalahgunaan narkoba diindonesia yang terjadi dikalangan pelajar yaitu mencapai 2,29 juta orang, karenanya lingkungan pendidikan juga sangat berperan penting pada perkembangan remaja/pelajar adalah lingkungan yang ada disekolah diamana lingkungn sekolah dituntut mampu menciptakan lingkungan yang bukan saja nyaman terhadap para pelajar aan tetapi juga mampu memberikan rasa aman selain itu harus juga dapat memberikan pemahaman mengenai bahaya serta akibat hukum dari penyalahgunaan narkoba itu sendiri dan juga dapat memberikan perlindungan terhadap remaja/pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

       Tujuan dari kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini sendiri yaitu guna memberikan sedikit gambaran pada siswa/siswi SMAN 46 Jakarta mengenai apa itu narkoba serta dampak yang akan ditimbulkan atau efek dari penyalahgunaan narkoba terkhusus di kalangan pelajar, lingkungan sekolah terkait pencegahan dan penyalahgunaan narkoba yang mungkin dapat terjadi dilingkungan pendidikan. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini yaitu dengan pemaparan materi serta diskusi Tanya jawab antara pemateri dengan para siswa/i.

       Hasil dari kegiatan penelitian serta PKM ini dapat disimpulkan bahwasannya faktor para remaja/pelajar menggunakan narkoba itu sanagtlah beragam dan juga peran lingkungan sekitar bukan hanya lingkungan keluarga, dan sosial yang sangat berpengaruh terhadap tubuh kembang para remaja agar dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba terutama di lingkungan sekolah.

       Berdasarkan hasil dari pembahasan tersebut maka ada beberapa saran diantaranya yaitu : Para remaja harus dapat berfikir kedepan dan memikirkan mana perbuatan baik dan mana perbuatan buruk serta efek yang mungkin akan timbul dikemudian hari, tidak harus mengikuti perbuatan negatif  karena alasan solidaritas kelompok ataupun karena setia kawan, lingkungan sekolah harus menerapkan kebijakan terkait pencegahan penyalahgunaan narkoba yang bisa saja sewaktu waktu dapat terjadi, buat juga kegiatan positif bagi para siswa/i agar mereka dapat meyalurkan bakat dan minar mereka dalam hal – hal yang baik, menyisipkan sedikit materi mengenai bahaya narkoba dalam pembelajaran di sekolah

References

Abdul Majid, Frans Salesman, Bahaya Nerkoba Bagi Remaja dan Pelajar untuk Mencegah dan Meningkatkan Pengetahuan Santri Pondok Pesantren dan Panti Asuhan Aisyiyah Kupang, KELIMUTU Journal of Community Service (KJCS) (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana), Volume 1, No 1, November 2021.

Cut Megawati, Dewi Astini, Riki Musriandi, Pengaruh Negatif Narkoba Bgai Generasi Muda, BAKTIMAS jurnal pengabdian kepada masyarakat, Volume 4, Nomor 4, Desember 2022.

Gusti Ayu Novira Santi, Ni Putu Rai Yuliartini, Perlindungan Hukum Terhadap Korban Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Di kabupaten Buleleng, E-journal Komunitas Yustisia Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 3 Tahun 2019.

Hardy Purbanto, Bahril Hidayat, Systematic literature Review : Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Remaja Dalam Prespektif Psikologi dan Islam, Jurnal agama dan ilmu pengetahuan, Volume 20, No 1, April 2023.

Rika Sri Wahyuni, Febrianti, Hubungan Lingkungan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Pekanbaru, Midwifery Journal, Volume 4, Nomor 2, Juli 2019.

Rusman Rasyid, Andi Agustang, Penyuluhan dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Pelajar SMP Negeri 6 Duampanua Kabupaten Pinrang, Jurnal Masyarakat Mandiri, Volume 4, No 2, Juni 2020.

Shafila Mardiana Bunsaman, Hetty Krisnani, Peran Orang Tua dalam Pencegahan dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja, Volume 7, Nomor 1, April 2020.

Published

2023-11-21