PENGARUH STRATEGI PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KANTOR POS CIPUTAT
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3435Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh secara parsial dan simultan antara strategi promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada kantor pos ciputat. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode random sampling yaitu pengambilan sampel atau responden secara acak yang dianggap mampu mewakili dari populasi yang ada sebanyak 100 responden. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif menggunakan teknik analisis data dan uji validitas instrument, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil dari uji penelitian ini diperoleh bahwa strategi promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Besarnya kontribusi yang diberikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 54,8%, sedangkan sisanya sebsar 45,2% dipengaruhi oleh faktor selain strategi promosi dan kualitas pelayanan.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).