PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA GURU DAN KARYAWAN PADA MADRASAH ALIYAH DARUL MUTTAQIEN BOGOR

Authors

  • San Ridwan Maulana Universitas Pamulang
  • Fikry Thohari Univerisitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3445

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat insentif pada MA Darul Muttaqien Bogor, untuk mengetahui kinerja guru dan karyawan pada MA Darul Muttaqien, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh insentif terhadap kinerja guru dan karyawan di MA Darul Muttaqien Bogor.

Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian ini berjumlah 48 orang guru dan karyawan di MA Darul Muttaqien Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 48 responden sebagai sampel. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, uji analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji-t)

Berdasarkan hasil penelitian, variabel insentif (X) dikategorikan baik. Variabel kinerja guru dan karyawan (Y) dikategorikan baik. Terdapat pengaruh positif antara pemberian insentif terhadap kinerja guru dan karyawan dengan nilai regresi sebesar 0,670. Nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,785 artinya insentif memiliki hubungan yang cukup besar terhadap kinerja guru dan karyawan dengan nilai determinasi sebesar 61,6% sedangkan sisanya sebesar 38,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t hitung > t tabel (8,592 > 2,013), hal ini juga diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05, maka dapat dikatakan signifikan. Dengan demikian H0 dinyatakan ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara insentif terhadap kinerja guru dan karyawan.

 

Kata Kunci: Insentif, Kinerja

Downloads

Published

2019-10-23

How to Cite

Maulana, S. R., & Thohari, F. (2019). PENGARUH INSENTIF TERHADAP KINERJA GURU DAN KARYAWAN PADA MADRASAH ALIYAH DARUL MUTTAQIEN BOGOR. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3445