PENGARUH PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT KHARISMA BUKIT PERMATA INDAH

Authors

  • Yanurianto Yanurianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3451

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui promosi penjualan (sales promotion) yang dilakukan oleh PT Kharisma Bukit Permata Indah untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen pada PT Kharisma Bukit Permata Indah, dan untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah.

Metode yang digunakan oleh peneliti ini dilakukan dengan metode analisa data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisa data menggunakan uji regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji signifikan koefisien korelasi (uji t).

Hasil dari penelitian ini promosi penjualan (sales promotion) yang dilakukan oleh PT Kharisma Bukit Permata Indah cukup baik yaitu responden lebih banyak menjawab sangat setuju 33,4% dan setuju 50,3% sehingga jika dijumlahkan sebesar 83,7% artinya promosi penjualan (sales promotion) pada PT Kharisma Bukit Permata Indah masih baik,keputusan pembelian responden lebih banyak menjawab sangat setuju 33,7% dan setuju 46,3% sehingga total sebesar 80% artinya keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah masih sangat stabil, terdapat pengaruh positif pada promosi penjualan (sales promotion)  terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah sebesar 20,567 artinya jika promosi penjualan di tingkatkan satu satuan akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 20,982. Adapun kontribusinya variabel promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian sebesar  tingkat signifikasinya dan diperoleh hasil uji hipotesis t hitung sebesar (8,34) sehingga H0 di tolak dan Ha di terima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara promosi penjualan (sales promotion) terhadap keputusan pembelian pada PT Kharisma Bukit Permata Indah.

 

Kata Kunci: Promosi Penjualan (Sales Promotion) dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2019-10-23

How to Cite

Yanurianto, Y. (2019). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN (SALES PROMOTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT KHARISMA BUKIT PERMATA INDAH. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i2.3451