Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Cabang Pamulang, Tangerang Selatan

Authors

  • Yossy Wahyu Indrawan Universitas Pamulang
  • H. Hastono Universitas Pamulang
  • Yanurianto Yanurianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v4i3.20130

Keywords:

Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada PT. Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Cabang Pamulang, Tangerang Selatan.Metode yang digunakan adalah explanatory research dengan teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi, korelasi, determinasi dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 41,6%, uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,264 > 1,985). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 40,7%, uji  hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,109 > 1,985). Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y = 10,252 + 0,397X1 + 0,352X2 dan kontribusi pengaruh sebesar 52,0%, uji hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (51,467 > 2,700).

References

Arikunto, Suharsimi, (2016).“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktekâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta,.

G.R. Terry, and Rue, Leslie W. Rue, (2016).“Dasar-dasar Manajemenâ€, Bumi Aksara, Jakarta.

Ghozali, Imam, (2017).“Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSSâ€, Edisi Kelima, Badan Penerbit Undip, Semarang.

Hasan, Ali, (2015)“Marketingâ€. Media Utama., Yogyakarta.

Husen, Umar, (2016).“Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumenâ€, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Irawan, Handi, (2015).“Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelangganâ€, PT. Alex Media Komputindo, Jakarta.

Istijianto, (2015).“Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Keller dan Amstrong, (2017).“Prinsip-prinsip Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler dan Keller, (2017).“Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler, (2017). Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Keempat belas, PT. Indeks, Jakarta.

Laksana, Fajar, (2015).“Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Marknesis, Tim, (2015).“Customer Satisfaction and Beyondâ€, Marknesi, Yogyakarta.

Nugroho, Agung, (2015).“Strategi Jitu Dalam Memilih Metode Statistik Peneltianâ€, Andi, Yogyakarta.

Safroni, Ladzi, (2014).“Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesiaâ€, Aditya Media Publishing, Surabay.

Saladin, Djaslim, (2015).â€Manajemen Pemasaranâ€, Linda Karya, Bandung.

Salam, (2016).“Manajemen Pemerintahan Indonesiaâ€. PT. Djambatan, Jakarta.

Santoso, Singgih, (2016).“SPSS Statistik Parametik†Cetakan Kedua, PT. Elek Media.

Sarwono, Jonathan, (2015)“Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatifâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Simamora, Bilson, (2017).“Panduan Riset Dan Perilaku Konsumenâ€,PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sudjana, (2014)â€Metode Statistikaâ€, Edisi Keenam, Tarsito, Bandung.

Sugiyono, (2019).“Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & Dâ€, Penerbit CV. Alfabeta, Bandung.

Swastha, Bashu dan T. Handoko, (2018).“Manajemen Pemasaran Moderenâ€, BPFE, Yogyakarta.

Syofian Siregar, “Statistika Deskriptif Untuk Penelitianâ€, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 62011.

Suwanto, S., Sunarsi, D., Erlangga, H., Nurjaya, N., & Haryadi, R. N. (2022). Pengaruh Pemberian Reward dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja yang Berdampak pada Kinerja Karyawan pada PT Surya Pratama Gemilang di Bekasi. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2), 471-484.

Tasunar, Nanang, (2017).“Kualitas Pelayananâ€, Gramedia Pustaka Utama, Ghalia Indonesia, Bogor.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2019).“Serivce Quality and Satisfiationâ€, Edisi tiga, Andi, Jakarta.

Downloads

Published

2022-04-23

How to Cite

Indrawan, Y. W., Hastono, H., & Yanurianto, Y. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Cabang Pamulang, Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 413–421. https://doi.org/10.32493/JEE.v4i3.20130