ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA “CIRENG MONCROT” CV GOOD FOOD – TANGERANG

Authors

  • Aris Ariyanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3455

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian adalah mengukur besarnya pengaruh secara parsial kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan,  serta pengaruh secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen  pada “Cireng Moncrot†CV. Good Food.

Jenis penelitian bersifat Asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah konsumen Cireng Moncrot, dengan jumlah sampel 120 responden. Data dikumpulkan dengan tehnik kuesioner, dan dianalisis dengan tehnik uji instrumen, asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F

Hasil penelitian: (1). Secara parsial kualitas produk mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=16,655+0,252X, nilai thitung 7,733 > ttabel 1,980 signifikansi 0,001< 0,05 dan besarnya kontribusi kualitas produk ke variabel kepuasan konsumen sebesar 33,62%. (2). Secara parsial kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=11,773+0,586X, nilai thitung 7,981>ttabel1,980 signifikansi 0,000<0,05, besarnya kontribusi kualitas pelayanan ke variabel kepuasan konsumen  sebesar 35,1%. (3). Secara parsial harga mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=23,014+0,819x, nilai thitung 10,303>ttabel1,980 sinifikansi 0,000<0,05 dan kontribusi harga ke variabel kepuasan konsumen sebesar 47,4%. (4). Secara partial kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif serta sinifikan ke variabel loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana  Y=4,449+0,717x, nilai thitung 13,695>ttabel1,980 signifikansi 0,000<0,05 dan besarnya kontibusi kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan sebesar 61,9%. (5). Secara simultan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi berganda Y=8,149+0,143X1+0,0206X2 , nilai F hitung 43,365>Ftabel2,86 dengan siginifikan 0,000<0,05, dan besarnya kontribusi variabel produk,pelayanan serta harga ke variabel kepuasan konsumen sebesar 55,1%.

 

Kata Kunci: produk, pelayanan, harga, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan

Downloads

Published

2019-10-24

How to Cite

Ariyanto, A. (2019). ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA “CIRENG MONCROT” CV GOOD FOOD – TANGERANG. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3). https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3455