ANALISIS KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA “CIRENG MONCROT†CV GOOD FOOD – TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v1i3.3455Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah mengukur besarnya pengaruh secara parsial kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen, pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan, serta pengaruh secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada “Cireng Moncrot†CV. Good Food.
Jenis penelitian bersifat Asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah konsumen Cireng Moncrot, dengan jumlah sampel 120 responden. Data dikumpulkan dengan tehnik kuesioner, dan dianalisis dengan tehnik uji instrumen, asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t dan uji F
Hasil penelitian: (1). Secara parsial kualitas produk mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=16,655+0,252X, nilai thitung 7,733 > ttabel 1,980 signifikansi 0,001< 0,05 dan besarnya kontribusi kualitas produk ke variabel kepuasan konsumen sebesar 33,62%. (2). Secara parsial kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=11,773+0,586X, nilai thitung 7,981>ttabel1,980 signifikansi 0,000<0,05, besarnya kontribusi kualitas pelayanan ke variabel kepuasan konsumen sebesar 35,1%. (3). Secara parsial harga mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=23,014+0,819x, nilai thitung 10,303>ttabel1,980 sinifikansi 0,000<0,05 dan kontribusi harga ke variabel kepuasan konsumen sebesar 47,4%. (4). Secara partial kepuasan konsumen mempunyai pengaruh positif serta sinifikan ke variabel loyalitas pelanggan, dibuktikan dengan nilai regresi linier sederhana Y=4,449+0,717x, nilai thitung 13,695>ttabel1,980 signifikansi 0,000<0,05 dan besarnya kontibusi kepuasan konsumen terhadap loyalitas pelanggan sebesar 61,9%. (5). Secara simultan variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga mempunyai pengaruh positif serta signifikan ke variabel kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai regresi berganda Y=8,149+0,143X1+0,0206X2 , nilai F hitung 43,365>Ftabel2,86 dengan siginifikan 0,000<0,05, dan besarnya kontribusi variabel produk,pelayanan serta harga ke variabel kepuasan konsumen sebesar 55,1%.
Kata Kunci: produk, pelayanan, harga, kepuasan konsumen, loyalitas pelanggan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).