PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA ALFAMART CABANG CIKOKOL TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/JEE.v2i2.4170Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan promosi dan harga terhadap keputusan pembelian. untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan pelanggan, serta untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan promosi dan harga terhadap kepuasan pelanggan.
Penelitian ini bersifat Asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Alfamart Cabang Cikokol, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Tehnik pengumpulan data dengan cara kuesioner, dan Teknik analisis data menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan Secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara parsial harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara simultan promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara parsial keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara parsial harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang. Secara simultan promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Alfamart Cabang Cikokol Tangerang.References
Alma, 2013, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, CV Alfabeta, Bandung.
Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi, Rineka Cipta. Jakarta.
Assauri, 2012, Manajemen Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta.
Atik dan Ratminto, 2012, Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Daryanto, 2011, Strategi Menaklukkan. Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Cetakan Ketiga. Gramedia, Jakarta.
Effendi M. Guntur, 2010, Transformasi Manajemen Pemasaran+Membangun. Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Ghozali, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Hasibuan, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Hasan, 2009, Marketing, Media Pressindo, Yogyakarta.
Jhon D. Millet, 2012, Management in the public service: The quest for effective performance. New York: McGraw-Hill.
Rangkuty, 2009, Riset Pemasaran, Gramedia pustaka Utama, Jakarta.
Robbins dan Coulter, 2014, Manajemen, Edisi ke sepuluh jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Rosvita, 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Saladin, 2011, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Edisi Lima, Linda Karya, Bandung.
Safroni, 2012, Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam. Konteks Birokrasi Indonesia. Aditya Media Publishing, Surabaya
Shinta Agustina, 2011, Perilaku Konsumen: Afeksi Konsumen, Lab, Manajemen Agribisnis/Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.
Sugiyono, 2015, Metodologi Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung.
Supardi, 2013, Aplikasi Statistik Dalam Penelitian, PT Prima Ufuk Semesta, Jakarta.
Supranto, 2012, Metode Riset Aplikasinya Dalam Pemasaran, Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta.
Swastha dan Irawan, 2011, Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa, Andi Offset, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta artikel dan menyerahkan kepada jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah di bawah persyaratan Atribusi 4.0 Internasional (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Effect of Open Access).