Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan MNC Vision KPP Bogor

Authors

  • Ela Hulasoh Universitas Pamulang (Unpam)

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v4i1.2021.%25p.12432

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan MNC Vision KPP Bogor. Metode yang digunakan asosiatif kuantitatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi  yang besar pada objek penelitian ini digunakan teknik penarikan sampel Rao Purba sebesar 96 responden (pelanggan), dengan teknik sampling accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien determinasi (R Square) yang diperoleh sebesar 55,1%  loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hasil uji simultan diperoleh nilai F hitung > F tabel  (57,012 > 3,090), dan diperkuat dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan secara bersama-sama.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Loyalitas Pelanggan.

Author Biography

Ela Hulasoh, Universitas Pamulang (Unpam)

Nama Saya, Ela Hulasoh, lahir di Jakarta pada 02 Juni 1982, tinggal di Parung Bogor, bekerja sebagai dosen tetap di Universitas Pamulang Tangerang Selatan.

References

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Edisi 13. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Yuniarti, V. S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Sugiono., (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Buchari, A. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2010). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

_______, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Laksana, F. (2013). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yamit, Z. (2016). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: UII.

Suharsimi, A. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-02-28

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.