Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Sumber Alfaria (Alfamart) Sawah Lama, Ciputat
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v5i2.2023.163-172.33503Keywords:
Kata Kunci, Promosi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.Abstract
Kepuasan konsumen selalu menjadi salah satu tujuan usaha bagi para pelaku usaha dan bisnis, sejumlah upaya dilakukan mereka demi tercapainya kepuasan konsumen yang menyebabkan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Sumber Alfaria (Alfamart) Cabang Sawah Lama, Ciputat, Tangerang Selatan. Metode penelitian yaitu kuantitatif asosiatif, teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diolah menggunakan analisis regresi. Sampel sebanyak 96 konsumen. Analisis data yang digunakan berupa uji validitas dan uji reliabilitas. uji asumsi klasik, uji regresi linier, uji determinasi, uji t (parsial), dan uji F (simultan). Hasil uji pasial (uji t) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 3,763 > t tabel 1,665 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t hitung 5,636 > t tabel 1,665 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. . Hasil uji F variabel promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PT Sumber Alfaria Trijaya, Cabang Sawah Lama, Ciputat Tangerang Selatan, dengan nilai F-hitung 223,536 > F-tabel 3,09 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
References
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi, (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Saladin, Djaslim, (2015). Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.
Laksana, Fajar, (2015). Manajemen Pemasaran. (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, (2017). Serivce Quality and Satisfiation. (Edisi 3). Jakarta.
Devina, Benedhita, (2019). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menggunakan jasa leasing yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Jurnal Manajemen. Vol 11. Universitas Mercu Buana. Yogyakarta. 56-65.
Syerlina, dkk. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Laundry 99 di Makassar. Jurnal Nobel Management. 622-634
Arianto, Nurmin dan Agus Setiawan. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Nasabah PAT PT BPR H. A. Bogor. Jurnal Ilmiah Feasible. Universitas Pamulang. 27-37.
Effendy, Faries Hizrian. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dealer Motor Honda di Surabaya. Jurnal Ilmu Riset Manajemen, Vol.6 (2).
Handoko, Bagus. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Vol.18 (1). 61-72.
Agung Tri Putranto, Dedek Kumara, dan Siti Syahria. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Masakan Jepang En Dining. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. Vol 5 (1). 57-68
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.