Pengaruh Faktor Individu dan Lingkungan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Wirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang

Authors

  • Sunanto Sunanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.1-8.2261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor individu dan lingkungan baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Model penelitian bersifat asosiatif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Unpam yang berwirausaha dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100 (digenapkan), sampling dengan teknik aksidental Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji asumsi klasik, Uji Regresi Linier , Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F).  Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 20,055+0,726Xi dengan nilai korelasi r =0,726 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 10,439 >t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor lingkungan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 7,956+0,705X2 dengan nilai korelasi r =0,705 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 9,845>t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (3)Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu dan lingkungan secara simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier berganda Y = 7,002+0,486X1+0,441X2, dengan nilai korelasi berganda R =0,814 (korelasi sangat kuat), dan nilai koefisen determinasi adjusted R² sebesar 0,656 serta nilai F hitung 95,575>F tabel 1,43 dengan nilai sig.0,000 (<0,05).

 

Kata Kunci: Faktor Individu; Faktor Lingkungan,Keputusan; Mahasiswa Unpam

References

Fahmi, Irham. 2013. Kewirusahaan. Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: AlfaBeta

Kotler, Philip, and Keller K. L. 2009. Marketing Management. 13th Edition. New Jersey. Pearson, Prentice Hall.

Kotler, Philip, dan Keller K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan, Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Malhotra, Naresh K, Riset Pemasaran. Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jakarta: Indeks Group Gramedia

Schiffman, Leon, dan Kanuk L.L. 2004. Perilaku Konsumen. Terjemahan, Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks Group Gramedia

Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior. Buying, Having, and Being. Global Edition. Ninth Edition. New Jersey. Pearson, Prentice Hall.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. AlfaBeta

Suryana, Kewirausahaan. 2006. Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Umar, Husein. 2005. Pemasaran dan perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Widjaya, T. 2011. Cepat Menguasai SPSS-19. Jakarta: Cahaya Atma

Downloads

Published

2019-02-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.