Pengaruh Faktor Individu dan Lingkungan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menjadi Wirausaha Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i1.2019.1-8.2261Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor individu dan lingkungan baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada Mahasiswa Universitas Pamulang. Model penelitian bersifat asosiatif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Unpam yang berwirausaha dan jumlah sampel berdasarkan Slovin berjumlah 100 (digenapkan), sampling dengan teknik aksidental Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert, Pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji asumsi klasik, Uji Regresi Linier , Uji Koefisien Determinan, Uji Parsial (Uji t) dan Uji Simultan (Uji F). Hasil Penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 20,055+0,726Xi dengan nilai korelasi r =0,726 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 10,439 >t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (2) Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor lingkungan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier Y = 7,956+0,705X2 dengan nilai korelasi r =0,705 (korelasi kuat), serta nilai t hitung 9,845>t tabel 1,985 dengan nilai sig.0,000 (<0,05). (3)Terdapat pengaruh yang siginifikan antara faktor individu dan lingkungan secara simultan terhadap keputusan menjadi wirausaha pada mahasiswa Universitas Pamulang. Model regresi linier berganda Y = 7,002+0,486X1+0,441X2, dengan nilai korelasi berganda R =0,814 (korelasi sangat kuat), dan nilai koefisen determinasi adjusted R² sebesar 0,656 serta nilai F hitung 95,575>F tabel 1,43 dengan nilai sig.0,000 (<0,05).
Kata Kunci: Faktor Individu; Faktor Lingkungan,Keputusan; Mahasiswa Unpam
References
Fahmi, Irham. 2013. Kewirusahaan. Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: AlfaBeta
Kotler, Philip, and Keller K. L. 2009. Marketing Management. 13th Edition. New Jersey. Pearson, Prentice Hall.
Kotler, Philip, dan Keller K. L. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan, Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Malhotra, Naresh K, Riset Pemasaran. Pendekatan Terapan. Edisi Keempat. Jakarta: Indeks Group Gramedia
Schiffman, Leon, dan Kanuk L.L. 2004. Perilaku Konsumen. Terjemahan, Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks Group Gramedia
Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior. Buying, Having, and Being. Global Edition. Ninth Edition. New Jersey. Pearson, Prentice Hall.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. AlfaBeta
Suryana, Kewirausahaan. 2006. Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.
Umar, Husein. 2005. Pemasaran dan perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Widjaya, T. 2011. Cepat Menguasai SPSS-19. Jakarta: Cahaya Atma
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.