Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Kobe Boga Utama Tangerang

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.95-105.2409

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk pada PT. Kobe Boga Utama, mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama, dan mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel Accidental Sampling yang berjumlah 97 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil analisis deskripsi menunjukkan kualitas produk PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,06. Kepuasan konsumen PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,05. Adapun hasil analisis regresi menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil thitung > ttabel sebesar (2.034 > 1.985) dan persamaan Y = 31.808 + 0.224X, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan tafsiran, jika kualitas produk meningkat sebesar 1 satuan maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0.224.

Kata Kunci : Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen

References

Barnes, James G. 2013. “Secrets Of Customer Relationship Managementâ€. Yogyakarta: Andi.

Dewi Janita, 2012, “Pemasaran Pariwisata Yang Bertanggung Jawabâ€, Pinus Book, Publisher Jakarta.

Dharmesta dan Irawan. 2015. “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23â€. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Handoko, T. H. 2014. “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (edisi 2)â€. BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, H. Malayu S. P. 2014. “Manajemen Dasar. Pengertian dan Masalahâ€. Bumi Aksara. Jakarta.

Hurriyati, Ratih. 2010. “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumenâ€. Alfabetha. Bandung.

Irawan, Juwandi Hendy. 2014. “Kepuasan Pelayanan Jasaâ€. Jakarta : Erlangga.

Istijanto, 2011. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.

and Gary Armstrong. 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

and K.L. Keller. 2012. “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Ke 14. Jilid Ke 1. Erlangga. Jakarta.

Kurniawan. 2011. “Management Marketingâ€. Journal of A Case Study in Air Asia, Hal. 21.

Rangkuti, Fredly, 2015, “Messuring Customer Satisfactionâ€, PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2013. “Cara Menggunakan dan. Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis)â€. Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Bisnisâ€. Alfabeta. Bandung.

Swastha, Basu. 2012. “Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualanâ€, BPFE. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2012. "Strategi Pemasaranâ€. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. 2012. “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnisâ€. Rajagrafindo. Jakarta.

Downloads

Published

2019-08-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.