Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Kobe Boga Utama Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v1i2.2019.95-105.2409Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk pada PT. Kobe Boga Utama, mengetahui bagaimana kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama, dan mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Kobe Boga Utama. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampel Accidental Sampling yang berjumlah 97 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis. Hasil analisis deskripsi menunjukkan kualitas produk PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,06. Kepuasan konsumen PT. Kobe Boga Utama dipersepsikan baik, hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4,05. Adapun hasil analisis regresi menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan hasil thitung > ttabel sebesar (2.034 > 1.985) dan persamaan Y = 31.808 + 0.224X, artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan tafsiran, jika kualitas produk meningkat sebesar 1 satuan maka kepuasan konsumen akan meningkat sebesar 0.224.
Kata Kunci : Kualitas Produk; Kepuasan Konsumen
References
Barnes, James G. 2013. “Secrets Of Customer Relationship Managementâ€. Yogyakarta: Andi.
Dewi Janita, 2012, “Pemasaran Pariwisata Yang Bertanggung Jawabâ€, Pinus Book, Publisher Jakarta.
Dharmesta dan Irawan. 2015. “Manajemen Pemasaran Modernâ€. Edisi Kedua. Liberty. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23â€. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Handoko, T. H. 2014. “Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia (edisi 2)â€. BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, H. Malayu S. P. 2014. “Manajemen Dasar. Pengertian dan Masalahâ€. Bumi Aksara. Jakarta.
Hurriyati, Ratih. 2010. “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumenâ€. Alfabetha. Bandung.
Irawan, Juwandi Hendy. 2014. “Kepuasan Pelayanan Jasaâ€. Jakarta : Erlangga.
Istijanto, 2011. “Aplikasi Praktis Riset Pemasaranâ€. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta : Indeks.
and Gary Armstrong. 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaranâ€. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
and K.L. Keller. 2012. “Manajemen Pemasaranâ€. Edisi Ke 14. Jilid Ke 1. Erlangga. Jakarta.
Kurniawan. 2011. “Management Marketingâ€. Journal of A Case Study in Air Asia, Hal. 21.
Rangkuti, Fredly, 2015, “Messuring Customer Satisfactionâ€, PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2013. “Cara Menggunakan dan. Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis)â€. Cetakan Ketiga. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Bisnisâ€. Alfabeta. Bandung.
Swastha, Basu. 2012. “Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualanâ€, BPFE. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2012. "Strategi Pemasaranâ€. Yogyakarta: Andi.
Umar, Husein. 2012. “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnisâ€. Rajagrafindo. Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.